Hidayat Nur Wahid Sebut KPK Lakukan Kriminalisasi pada Amien Rais

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (Foto: instagram/ @HanumRais)

Arah - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Hidayat Nur Wahid menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi telah melakukan kriminaslisasi terhadap tokoh Islam. Hal itu karena jaksa KPK menyebut Amien Rais menerima aliran dana, di sidang korupsi alat kesehatan dengan terdakwa mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.

"Ini bukan lagi pemberantasan korupsi tapi ini ada agenda politik terkait pencemaran nama baik pada tokoh umat islam. Dan kemudian sekali lagi, kriminalisasi. Ini seharusnya tidak terjadi," kata Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera di DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (4/6).

Hidayat menjelaskan, pernyataan jaksa KPK belum terbukti kebenarannya. Sebab, dana Rp 600 juta yang masuk dari Sutrisno Bachir Foundation belum tentu uang korupsi dari Siti Fadilah Supari.

"Karena katakanlah misalnya ada transfer dari ibu siti fadilah kepada ibu ketua Sutrisno Bachir Foundation itu, kemudian ada transfer dari Sutrisno Bachir Foundation itu ke Amien Rais, lalu Sutrisno Bachir mentransfer ke Amien Rais, apakah itu serta merta uang yang dari ibu Siti Fadilah? Apa buktinya, kan tidak ada?" tegas Hidayat.

Baca Juga: Ditjen Imigrasi akan Jemput Paksa Rizieq di Arab Jika..
PKS Gelar Syukuran 74 Tahun Indonesia Merdeka, Kenapa?

"Apa lagi Pak Sutrisno Bachir menegaskan bahwa beliau membantu Pak Amien Rais itu karena amanah dari ibunya. Jadi gak ada kaitannya dengan bu Siti Fadilah," tambahnya.

Menurut Hidayat, KPK telah mencemarkan nama baik Amien Rais. Hal itu, kata Hidayat, membuat publik mempertanyakan profesionalitas KPK. "Ini (pernyataan jaksa) yang menimbulkan pembusukan nama baik, pencitraan negatif, yang membuat orang mempertanyakan profesionalitas KPK dalam pemberantasan korupsi," ujarnya.

Karena itu, Hidayat meminta KPK agar tetap melakukan prosedur dengan benar dalam bekerja memberantas korupsi. "Fokus saja KPK memberantas korupsi secara profesional dan jangan terjebak dengan permainan politik yang akan membuat orang kehilangan kepercayaan kepada keseriusan KPK dalan penegakan hukum terkait korupsi," kata Hidayat.

Sebelumnya, Amien Rais telah angkat bicara mengenai hal tersebut. Ia menyebut bahwa dana yang ia terima dari Sutrisno Bachir Foundation pada tahun 2007 adalah amanah dari ibu Sutrisno karena hubungan kedekatan."Saya disuruh Ibunda saya untuk membantu Anda," kata Amien menirukan ucapan Tris, saat juma pers di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/5). (May Rahmadi)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Patrialis Akbar Ditangkap, MPR: Jangan Kriminalisasi Parpol! Patrialis Akbar Ditangkap, MPR: Jangan Kriminalisasi Parpol!
Soal Amien Rais, MPR Peringatkan KPK Jangan Korupsi Informasi Soal Amien Rais, MPR Peringatkan KPK Jangan Korupsi Informasi
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta

#Jakarta #Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) #Partai Keadilan Sejahtera #Hidayat Nur Wahid #MPR RI #Amien Rais

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar