Setya Novanto: Aksi Persekusi Lecehkan Negara

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Setya Novanto hadir di pengadilan TIndak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2017). (arah.com/Dini Afriyanti)

Arah -  Tindakan intimidasi atau persekusi tengah ramai diperbincangkan publik. Tindakan tersebut banyak mendapat kecaman dari berbagai lembaga negara.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Setya Novanto menyatakan perlakuan intimidasi beserta kekerasan fisik adalah aksi yang tidak dibenarkan dan tergolong sebagai tindakan pelecehan.

"Sebagai negara hukum, kita wajib menyerahkan segala persoalan yang memiliki konsekuensi hukum, kepada pihak penegak hukum. Tindakan main hakim sendiri tidak pernah dibenarkan dalam negara hukum," kata Novanto kepada Arah.com di Jakarta, Senin (5/6).

Novanto menerangkan bahwa persikusi merupakan tindakan main hakim sendiri yang telah melanggar hukum. Atas dasar itulah kita mengakui keberadaan aparat penegak hukum serta proses hukum sebagai cara-cara yang beradab di negara demokrasi.

Baca Juga: PBNU: Jangan Pernah Main Hakim Sendiri Itu Dilarang Agama
Djarot akan Gusur Lagi Rumah Bedeng Kalijodo
Hobi Baru Anak Muda Singapura, Bawa Senter dalam Gelap dan ...

Novanto mendukung sepenuhnya jajaran pihak kepolisian menindak tegas pelaku persikusi yang dilakukan oleh sekelompok organisasi masyarakat atau segelintir orang.

"Saya mendukung seluruh jajaran aparat kepolisian untuk menindak tegas pelaku persekusi," tutur Novanto.

Lebih lanjut, Novanto menyatakan mengedepankan emosi, pendapat pribadi dan kepentingan kelompok sambil mengabaikan proses hukum, menujukkan tidak dewasa dalam menyikapi perbedaan.

"Hukum harus ditegakkan, hukum harus kita kedepankan. Mempercayai mekanisme hukum menunjukkan kedewasaan kita dalam meniti jalan demokrasi," pungkas Setya Novanto. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Dikebut, Fasilitas untuk Raja Salman Selesai Dua Hari Dikebut, Fasilitas untuk Raja Salman Selesai Dua Hari
Polda Metro Buru Tersangka Persekusi Lainnya Polda Metro Buru Tersangka Persekusi Lainnya
Setnov: Ketelibatan Unsur TNI dalam RUU Terorisme Masih Dibahas Setnov: Ketelibatan Unsur TNI dalam RUU Terorisme Masih Dibahas

#Jakarta #Setya Novanto #Ketua DPR RI #aksi persekusi #persekusi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar