Maskapai AS Bakal Pakai Pengenal Wajah untuk Boarding Pass

Ilustrasi Bandara (khunaspix/Freedigitalphotos.net)

Arah -  Teknologi pengenal wajah sebentar lagi bakal dipakai di bandar udara Amerika Serikat.

Maskapai penerbangan JetBlue bekerjasama dengan Customs and Border Protection (CBP) AS, meluncurkan progrm pemindai wajah di penerbangan di Bandara Logan Boston dan Bandara Queen Beatrix Aruba pada tengah Juni ini.

Dengan teknologi itu, penumpang tak perlu lagi mendaftar ulang. Mereka hanya perlu menghadap ke kamera yang ada di gerbang masuk pesawat saat proses boarding.

Maskapai memastikan proses boarding cepat dalam membandingkan data komputer dan foto paspor.

Baca Juga: Djarot Enggan Bertemu Tim Sinkronisasi, Sandi: Nggak Masalah!
Polda Metro Sebar Foto Rizieq Shihab sebagai DPO

"Kami berharap dapat belajar bagaimana mengurangi pergesekan di bandara, dengan proses boarding menjadi salah satu yang tersulit diselesaikan," kata wakil presiden eksekutif pengalaman pelanggan JetBlue, Joanna Geraghty, dilansir laman CNET, Senin (5/6).

"Sistem boarding ini akan menghilangkan proses pemeriksaan boarding pass dan pemeriksaan paspor manual. Tinggal tengok ke kamera dan Anda sudah dalam perjalanan," ujarnya.

JetBlue mengklaim, program tersebut merupakan kerja sama maskapai penerbangan pertama dengan CBP dalam menggunakan pengenalan wajah biometrik untuk mengidentifikasi penumpang di gerbang masuk pesawat.

Penyedia teknologi informasi global, SITA, menyediakan teknologi yang dibutuhkan untuk menerapkan program pemindaian wajah tersebut dan mengintegrasikan basis data keamanan CBP dengan sistem kendali keberangkatan JetBlue.

"Yang ingin kami ciptakan adalah pengalaman penumpang yang aman dan mulus. Ini merupakan integrasi yang pertama dari otorisasi biometrik oleh CPB dengan maskapai penerbangan dan mungkin menjadi solusi yang cepat dan mudah dipakai di bandara-bandara AS," kata kepala teknologi SITA, Jim Peters.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim KY Sebut Patrialis Akbar Coreng Profesi Hakim

#Jakarta #bandara #Maskapai Penerbangan #Amerika Selatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar