PWNU Jatim Apresiasi Fatwa MUI Tentang Penggunaan Media Sosial

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) (tengah, baju putih-peci hitam), Ma'ruf Amin di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (5/6). (Foto: Arah.com/ Dini Afrianti)

Arah - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengapresiai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui media sosial (Medsos).

"Saya sependapat dengan maklumat MUI itu, karena sesuai dengan ajaran agama juga sesuai dengan budaya dan kultur bangsa," kata KH Hasan Mutawakkil Alallah kepada arah.com, Selasa, (6/6/2017).

Lanjut Mutawakkil, fatwa tersebut sesuai dengan apa yang NU dulu suarakan, yakni bangsa ini tidak bisa membendung majunya teknologi, menurutnya yeng perlu dilakukan adalah bisa mangatur teknologi tersebut agar memberikan manfaat.

Baca Juga: Ekspose Perkara Baladacintarizieq Digelar Besok di Kejaksaan
Temuan Jasad Alien di Rusia Bikin Bingung Ilmuan

"Itu sebenarnya NU sudah sejak dulu mengingatkan bahwa kita bangsa Indonesia tidak bisa menghindari dari kemajuan teknologi, informasi dan komunikasii, kita tidak bisa membendung itu, kita hanya bisa bikin irigasi, supaya memebri manfaat tidak memberi mudarat," jelasnya.

Tak hanya itu, Mutawakkil juga meminta masyarakat agar cerdas mnerima informs dan tidak gampang mebenarkan dan menyebarkan informasi yang tidak jelas sumber dan dasarnya.

"Kalau kita mendapatkan berita yang tidak jelas subernya  yang tedak jelas dasarnya makan jangan langsung dibenarkan jangan langsung disebnarkan karena nati bisa saja beritanya itu justru menimbulkan fitnah menimbulkan adu domba  menimbulkan komfilk sosial," himbaunya.

"Itu dosanya tidak cukup meminta maf kpada Allah tetapi meminta maaf terhadap orang yang ia dhalimi," tukasnya (Mukied)

Berita Terkait

Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?
Wakil Ketua DPR Sambut Baik Fatwa MUI Terkait Penggunaan Medsos Wakil Ketua DPR Sambut Baik Fatwa MUI Terkait Penggunaan Medsos
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq

#Jakarta #fatwa medsos mui #Majelis Ulama Indonesia (MUI) #Media Sosial

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar