Ini Cara Menag Cegah Korupsi Di Lingkungan Kementerian Agama

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto/Dok.Arah.com/May)

Arah - Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, membeberkan bagaimana dirinya membuat Kementerian Agama yang dipegangnya jauh dari korupsi.

"Pertama sejak saya jadi menteri menanamkan lima nilai dalam budaya kerja. Integritas, profesionalitas, tanggung jawab, inovasi, dan keteladanan itu terus kita tanamkan pada diri ASN agar itu jadi ruh, jadi jiwa," jelasnya saat Bincang Santai dengan Indonesia Corruption Watch, di Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (8/6).

Selain itu, pihaknya juga mengatakan melakukan melibatkan Inspektorat Jenderal dan pengawasan internal agar meningkatkan disiplin birokrasi Kementerian Agama.

"Kita juga mengefektifkan inspektorat jenderal, pengawasan dari internal bekerja sama dengan yang lain. Intinya begini, saya selalu menyampaikan dalam setiap kesempatan bagaimana sikap kita terhadap seserahan itu," tambahnya.

Baca Juga: Kata Kamu: Selain Makan dan Minum Apa Sih yang Membatalkan Puasa?
Dituduh Gerindra Tak Komunikasi, Akhirnya Ridwan Kamil Buka Kartu

Terkait adanya kesalahan yang kerap dilakukan di dalam Kementerian Agama, menurut Lukman, manusia merupakan tempatnya salah.

"Ada kesalahan karena kekhilafan atau karena ketidaktahuan. Kalau kita menemukan kesalahan karena khilaf, tidak ada unsur untuk mementingkan diri sendiri dan golongan. Ini bisa kita tolerir dalam tanda kutip, tetap ada hukuman tapi tingkat hukumannya beda dengan kesalahan yang kedua yang bentuknya adalah kejahatan," ujarnya.

Saat ini, Lukman mengaku upaya pemberantasan korupsi pada Lembaga Kemeneterian Agama sudah berjalan baik walaupun masih ada korupsi yang terjadi.

"Kita bersyukur hasilnya alhamdulillah, meskipun ada saja yang melakukan kesalahan korupsi dan sebagainya," bebernya. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Menag: Imbauan Tak Salatkan Jenazah Picu Perpecahan Menag: Imbauan Tak Salatkan Jenazah Picu Perpecahan
Menteri Agama: Polisi Tidak Urusi Khutbah Jumat Menteri Agama: Polisi Tidak Urusi Khutbah Jumat

#Jakarta #Menteri Agama #Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin #Kementerian Agama #Cegah Korupsi #korupsi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar