Konflik Qatar dengan Arab Saudi, LIPI: Indonesia Harus Netral!

Peneliti politik Timur Tengah LIPI Hamdan Basyar (foto/arah/may)

Arah -Peneliti politik Timur Tengah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hamdan Basyar mengatakan, Indonesia tidak boleh berpihak dalam menyikapi konflik antara Arab Saudi dengan Qatar. Menurutnya, Indonesia justru harus mendamaikan konflik tersebut.

"Posisi Indonesia bagus untuk netral yang berperan untuk mendamaikan," kata Hamdan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/6).

Ia mengatakan, Indonesia harus netral untuk tetap menjaga hubungan baik dengan Arab Saudi maupun dengan Qatar.

"Karena kalau memihak posisi Indonesia juga akan kerepotan di mana ke Saudi Indonesia memiliki hubungan baik, dan ke Qatar juga baik," ujarnya.

Hamdan kemudian mengimbau, Indonesia tidak mengikuti jejak Turki yang terang-terangan menyatakan dukungan pada Qatar. Sebab, apabila mengikuti Turki, Indonesia akan mengalami kerugian.

Baca Juga: Menhub Cabut Izin Sementara Qatar Airways
Qatar Diboikot, AFC Antisipasi Dampak pada Dunia Sepakbola
Situasi Memanas, Filipina Larang Warganya ke Qatar

Kerugian itu, kemungkinan adalah Arab Saudi akan memberhentikan Indonesia dalam mengirimkan jemaah haji.

"Kalau Indonesia bermasalah dengan Saudi maka tidak bisa mengrim haji nanti repot juga," ujar Hamdan.

Sebelumnya, Qatar mendapat isolasi dari negera-negara teluk pimpinan Arab Saudi. Negara-negara itu sudah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Pemutusan hubungan diplomatik terhadap Qatar bermula dari unggahan kantor berita Qatar yang memuat komentar Emir Qatar. Emir kala itu mengkritik kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Iran.

Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab yang merasa Iran merupakan musuh bebuyutan menduga, Qatar mendukung kelompok militan yang ada Iran.‎ (May)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Qatar Perintahkan Warganya Segera Tinggalkan Uni Emirat Arab Qatar Perintahkan Warganya Segera Tinggalkan Uni Emirat Arab
Jusuf Kalla: Masalah Qatar Harus Diselesaikan Secara Damai Jusuf Kalla: Masalah Qatar Harus Diselesaikan Secara Damai
Qatar Diboikot, MUI Desak Pemerintah untuk Sidang Darurat Oki Qatar Diboikot, MUI Desak Pemerintah untuk Sidang Darurat Oki

#Jakarta #boikot qatar #Uni Emirat Arab #Arab Saudi #Indonesia #Terorisme #Netral

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar