Pilgub Jateng, Benarkah Demokrat Berkoalisi dengan PDIP?

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. (Antara Foto/Ahmad Subaidi)

Arah -Partai Demokrat menjajaki koalisi dengan PDI Perjuangan dalam mengusung Ganjar Pranowo sebagai petahana pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018.

"Kami sadar jumlah kursi (di DPRD Provinsi Jawa Tengah) hanya tujuh sehingga harus membangun koalisi dengan partai lain dalam mengusung petahana pada Pilgub Jateng," kata Pelaksana Tugas Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah Pramono Edhie Wibowo di Semarang, Senin.

Menurut dia, sangat memungkinkan jika Partai Demokrat berkoalisi dengan PDIP mencalonkan Ganjar Pranowo, apalagi jika partai berlambang banteng moncong putih itu memberikan kesempatan berkoalisi.

Kendati demikian, ia belum mau memastikan kalau Partai Demokrat akan berkoalisi dengan PDIP pada Pilgub Jateng mendatang.

"Koalisi belum mengerucut ke parpol apa karena masih ada waktu dan kami siap untuk jadi posisi wakil, artinya peluang itu besar kalau memang ada kesempatan dan sangat bisa, koalisi tidak diharamkan," ujarnya didampingi Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah Dani Sriyanto.

Baca Juga: Demokrat: Kalau SBY Tampil Dimuka Umum, Pemerintah Jangan Sewot!
SBY Curhat di Twitter, PDIP: Jangan Memancing Kegaduhan

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu menjelaskan bahwa Partai Demokrat saat ini sedang melakukan penjaringan kader internal guna menentukan tiga nama yang akan dipilih salah satu untuk diusung sebagai bakal calon wakil gubernur pada pilgub mendatang.

"Saya ingin kader Demokrat itu didukung oleh kader Demokrat sendiri dan tiga nama yang muncul dari penjaringan akan saya bicarakan dengan kader-kader di semua tingkatan," katanya. seperti dikutip dari antara

Sebelumnya, Dani menyebutkan bahwa Partai Demokrat sedang melihat elektabilitas Gubernur Ganjar Pranowo dalam menentukan kandidat kepala daerah yang akan diusung dalam pemilihan gubernur 2018.

Menurut dia, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam menilai kinerja Ganjar Pranowo setelah sekitar empat tahun memimpin provinsi ini.

"Kami masih melihat respons masyarakat, tetapi semua kembali ke masyarakat dalam menilai," ujarnya.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Partai Demokrat Pede Suara Agus-Sylvi Layak Diperebutkan Partai Demokrat Pede Suara Agus-Sylvi Layak Diperebutkan
Kemana Arah Angin Demokrat di Putaran Kedua? Semua Tergantung AHY Kemana Arah Angin Demokrat di Putaran Kedua? Semua Tergantung AHY
PDIP Mengincar Dukungan Demokrat di Putaran Kedua PDIP Mengincar Dukungan Demokrat di Putaran Kedua

#Jakarta #pilkada jawa tengah #Pilgub Jateng #Koalisi Parpol #Partai Demokrat #PDIP #Ganjar Pranowo

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar