Nokia Siap Hadirkan Layanan Internet 4G di Pesawat

Salah satu sudut kantor pusat perusahaan telekomunikasi Nokia di Finlandia. (Foto: reuters)

Arah -  Perusahaan teknologi asal Finlandia, Nokia, sedang menyiapkan jaringan 4G LTE air to ground kepada penumpang pesawat terbang saat dalam penerbangan.

"Menyediakan jaringan broadband di pesawat sama baiknya seperti di darat," kata Iman Hirawadi, Solution Manager Nokia Indonesia, di Jakarta, Senin (12/6).

Sistem yang akan diluncurkan di Eropa pada kuartal ketiga tahun ini menghubungkan base station di darat dengan perangkat penerima jaringan LTE di pesawat, lalu akan disebarkan melalui Wi-Fi.

Selama ini, jaringan internet yang disediakan di penerbangan menggunakan satelit sehingga penumpang terkendala kecepatan koneksi dan harganya yang relatif mahal.

Baca Juga: Bidik Rekor Baru, Mobil Supersonic Ini Siap Melesat 1.600 Km/Jam
Microsoft Resmi Rilis Konsol Game Xbox One X

Dengan jaringan ini, Nokia yakin penumpang dapat memakai broadband dengan harga yang lebih murah dan kecepatan mirip dengan di darat.

Keuntungan bagi penumpang, mereka bisa menikmati inflight entertainment, hiburan di pesawat seperti video dan media sosial, secara real time maupun memesan makanan melalui perangkat mereka.

Maskapai dapat memperbarui inflight entertainment mereka secara real time serta memasang kamera pengawas yang dapat dimonitor oleh kru di darat, dengan tambahan keamanan.

Sementara itu, bagi kru kabin, jaringan tersebut berguna untuk memperbarui informasi maupun membantu transaksi dengan kartu kredit untuk pembelian di pesawat.

Baca Juga: Bidik Rekor Baru, Mobil Supersonic Ini Siap Melesat 1.600 Km/Jam
Microsoft Resmi Rilis Konsol Game Xbox One X

"Transaksi kartu kredit di pesawat bisa divalidasi dengan baik," kata dia, dikutip Antara.

Selain itu, peralatan yang dibawa dalam pesawat untuk teknologi air to ground ini hanya berbobot 13 kilogram, jauh lebih ringan dibandingkan dengan teknologi satelit yang mencapai 100 kilogram untuk onboard equipment.

Selama ini, hanya pesawat besar yang memiliki jaringan internet di dalamnya. "Peralatan onboard 13 kilogram, artinya lebih banyak pesawat yang bisa pakai," kata dia.

Iman mengklaim ini merupakan proyek air to ground perdana di dunia. "Setelah diluncurkan di beberapa negara Eropa pada kuartal ketiga, ada potensi di tempat lain termasuk di Amerika dan Asia," pungkasnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Telkomsel Tunjuk Tiga Direksi Baru Telkomsel Tunjuk Tiga Direksi Baru
Wow! Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi Wow! Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi
Ssst, Nokia Diam-diam Uji Coba Jaringan 5G Ssst, Nokia Diam-diam Uji Coba Jaringan 5G

#Jakarta #Nokia #pesawat terbang #Internet 4G LTE #internet #teknologi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar