Kementerian Perhubungan Pastikan Transportasi Mudik Lebaran Aman

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto (tengah) meminta Organda untuk memastikan untuk melakukan ram check pada terminal maupun kendaraan yang akan beroperasi untuk mudik lebaran. (Foto/arah.com/Restu)

Arah -  Jelang menghadapi arus mudik lebaran tahun 2017 Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melakukan beberapa kesiapan mudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto meminta kepada pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda) untuk memastikan untuk melakukan ram check pada terminal maupun kendaraan yang akan beroperasi untuk mudik lebaran.

"Untuk itu saya mohon kepada ketua Organda pastikan betul bahwa mereka sudah melakukan ram check. Artinya menjemput bola jangan sampai menunggu ram check dulu. Jadi bagi bis yang belum dilakukan ram check nanti PO bisnya lakukan koordinasi di terminal untuk bagaimana dia melakukan ram check," ujar Pudji di Gedung Karsa, Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Pudji melanjutkan, jika nantinya diketahui ada kendaraan yang tidak melakukan ram check pihaknya memastikan akan melayani masyarakat dengan mengganti dengan kendaraan yang sesuai dengan aturan pemerintah.

"Tapi kalau kemudian tidak ada stiker, terus dia tidak laik dia tidak boleh melanjutkan penumpangnya diturunkan kemudian penumpangnya diganti dengan bis yang lain," tutur Pudji.

Baca Juga: Awas! Biro Umroh Bermasalah Potong Dana dan Tahan Paspor
Dishub DKI Minta PT. TransJakarta Segera Selesaikan Aksi Mogok

Terkait dengan pengaturan mudik gratis pengguna sepeda motor, Kementeriam Perhubungan sudah melakukan peninggkatan mencapai 170  persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu bagi pemudik  motor dihimbau untuk menggunakan moda transportasi altenatif seperti kapal laut untuk beberapa tujuan mudik di Pulau Jawa.

"Kita berharap kepada saudara kita yang mau mudik gratis bisa menggunakan kapal roro. Saya pikir sama bahkan lebih nyaman dan sudah pasti waktu tibanya," pungkasnya. (Restu)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Jelang Mudik, Kemenhub Kandangkan 240 Bus AKAP Tak Laik Jalan Jelang Mudik, Kemenhub Kandangkan 240 Bus AKAP Tak Laik Jalan
Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Kapal Kapasitas 3 Juta Orang Mudik Lebaran, Kemenhub Siapkan Kapal Kapasitas 3 Juta Orang
Jelang Arus Mudik, Organda Siapkan Ratusan Armada Lebaran Jelang Arus Mudik, Organda Siapkan Ratusan Armada Lebaran

#Jakarta #Persiapan Arus Mudik Lebaran #Arus Mudik #Kementerian Perhubungan #Kemenhub #Organisasi Angkutan Darat (Organda) #bus mudik #Mudik Lebaran #Lebaran 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar