Sambut Nuzulul Quran, Ratusan Siswa SD Temanggung Khataman Quran

Sejumlah santri membaca Alquran atau bertadarus di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah, Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/5). Sebanyak 300 santri di pondok pesantren tersebut mengaji dengan membaca minimal dua juz setiap harinya untuk menambah amal ibadah selama bulan suci Ramadan. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Arah -  Ratusan siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah di Temanggung, Jawa Tengah, mengikuti khataman Al Quran di Pendopo Pengayoman Temanggung dalam rangkaian Nuzulul Quran.

Ketua Kelompok Kerja Guru Agama Islam Kecamatan Temanggung Ahyari di Temanggung, mengatakan kegiatan pembacaan Al Quran secara bersamaan itu untuk membiasakan anak-anak membaca Al Quran.

Diberitakan Antara Selasa (13/6), ia menuturkan kegiatan tersebut diikuti sekitar 750 siswa SD/MI dari sejumlah SD/MI di Kecamatan Temanggung. Masing-masing sekolah mengirimkan 10 anak dan untuk sekolah di sekitar Pendopo Pengayoman mengirimkan 50 anak.

Baca Juga: Menjelang Sepuluh Hari Terakhir Ramadhan, Siap-siap Iktikaf
Tukar Uang Baru, Warga Surabaya Padati Lapangan Makodam V Brawija

Mereka duduk beralaskan karpet di Pendopo Pengayoman sambil membaca Al Quran dengan khusyuk.

Pada khataman Al Quran tersebut, setiap anak membawa Al Quran dari rumah masing-masing. Agar seluruh isi Al Quran atau 30 juz bisa terbaca semua dalam waktu singkat, maka setiap anak mendapatkan bagian membaca beberapa halaman saja.

Ahyari mengharapkan melalui kegiatan itu anak-anak bisa membaca Al Quran dengan baik dan selanjutnya mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami harapkan nantinya mereka menjadi generasi Islam yang qurani, sehingga membentuk akhlaqul kharimah yang selanjutnya menjadi generasi bangsa yang berkepribadian," katanya.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Temanggung Rini Sabarwati mengatakan, Al Quran tidak cukup hanya dibaca tetapi isinya harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Al Quran merupakan pedoman hidup, dengan mengamalkan Al Quran hidup kita akan terarah, terang-benderang," katanya.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Untuk Umat Islam, Ini Imbauan MUI Selama Ramadhan Untuk Umat Islam, Ini Imbauan MUI Selama Ramadhan
Ramadhan 2017, Masjid Istiqlal Siapkan 2 Sesi Salat Tarawih Ramadhan 2017, Masjid Istiqlal Siapkan 2 Sesi Salat Tarawih
Garuda Siapkan 61.324 Kursi Penerbangan untuk Mudik Lebaran Garuda Siapkan 61.324 Kursi Penerbangan untuk Mudik Lebaran

#Jakarta #Nuzulul Quran #Khatam Alquran #pendidikan agama anak #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar