SMRC: Pendukung PKS dan PAN Terindikasi Mendukung Hak Angket KPK

Ilustrasi Gedung KPK

Arah - Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas mengatakan hasil survei menunjukkan sikap mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditemukan diseluruh pendukung partai politik yang memiliki kursi di DPR.

Sekitar 70 persen pendukung dua partai politik dengan jumlah kursi terbesar di parlemen (PDIP dan Gerindra) menyatakan lebih percaya kepada KPK daripada DPR.

"Kalau kita lihat  berdasarkan dukungan partai politik, kita mencatat bahwa hampir keseluruhan parpol ini inisiatif DPR membentuk pansus KPK itu tidak bisa dibenarkan," ujar Sirojudin Abbas usai menggelar jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).

Bahkan, sambung Sirodjudin, masyarakat pendukung partai mereka tidak ada satu pun yang membenarkan penggunaan hak angket kecuali PKS dan PAN. Menurutnya, kepercayaan rakyat dianggap modal politik bagi partai maka partai para pendukung hak angket itu dalam hal ini sedang memperkecil modalnya dan bisa berdampak negatif dalam pemilu yang akan datang.

Baca Juga: Ustad Yusuf Mansur Dilaporkan Atas Dugaan Penipuan
Kapal Karadeniz Powership Pasok 100 Persen Listrik di Sumut

"Yang terlihat cukup mendukung inisiatif itu hanya PKS saja dan sebagian PAN saya kira. Selebihnya mengatakan tidak dibenarkan," kata dia.

Sementara itu, Sirodjudin menganggap inisiatif pembentukan hak angket DPR kepada KPK terkesan terburu-buru dalam melaksanakan kehendak Parpol tanpa mempertimbangkan pilihan masyarakat kepada institusi antikorupsi itu.

"Dampaknya saya kira akan besar 2 hal pertama DPR kelihatan memaksakan inisiatif hak angket ini tidak dengan  proses yang sangat solid dan hati-hati. Dan itu menunjukkan ketergesa-gesaan DPR dalam menyelesaikan agenda internal mereka secara terembunyi," tukasnya. (Restu Saputra)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI? Stabilitas Negara Terganggu, PKS: Apa Benar karena Fatwa MUI?
Dipimpin Eko Patrio, PAN Kukuhkan Dukungan untuk Anies-Sandi Dipimpin Eko Patrio, PAN Kukuhkan Dukungan untuk Anies-Sandi
Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan

#Jakarta #Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) #Partai Amanat Nasional (PAN) #Partai Keadilan Sejahtera

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar