ICW : Jokowi Harus Ingatkan Parpol Pengusung Soal Hak Angket KPK

Survei Saifulmujani tentang Hak Angket DPR untuk KPK (Arah.com/Restu)

Arah -  Penggiat Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengingatkan Presiden Joko Widodo agar mengambil sikap terkait dengan upaya DPR menggulirkan hak angket sebagai bentuk pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Emerson meminta Jokowi meyakinkan Partai Politik jika hak angkat KPK tersebut adalah tindakan yang tidak dibenarkan.

"Itu dia yang kita pertanyakan, karena mayoritas bahkan semua partai pengusung hak angket adalah partai pengusung Jokowi. Sebenarnya Jokowi cukup mengundang mereka (partai politik), meyakinkan parpol pendukungnya bahwa mereka keliru," ujar Emerson di kasawan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).

Menurutnya mengkritik kinerja lembaga anti rasuah itu tidak harus melalui hak angket. Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki kinerja KPK dalam memberantas korupsi.

Baca Juga: KAI Cirebon Siagakan Petugas Perlintasan Tanpa Palang
Syahdu, Ustaz Arifin Ilham Menimang Cucunya dari Alvin-Larissa

"Jadi mengkritisi kinerja KPK tidak melulu lewat hak angket. RPP, kajian, riset, ataupun survei itupun bisa mereka lakukan untuk megkritisi kinerja KPK tapi tidak dengan hak angket," tutur Emerson.

Emerson yakin masih ada waktu untuk membendung langkah DPR selama proses hak angket masih berlangsung hingga saat ini. Pasalnya, jika rencana hak angket DPR kepada KPK tetap dilaksanakan maka akan berimplikasi kepada menurunnya kepercayaan publik.

"Nah ini sebenarnya ada peluang bagi mereka sampai 60 hari kedepan untuk menarik dukungan terhadap keberadaan hak angket DPR ini agar mereka tidak kehilangan dukungan oleh publik atau rakyat baik dalam legislatif, pemilu presiden maupun Pilkada di 2018 yang akan datang," imbuhnya.

Bahkan, bukan tidak mungkin kredibilitas presiden sebagai pimpinan negara terancam oleh tindakan mayoritas partai pengusungnya yang mendukung hak angket.

"Nah kalau itu tetap dipaksakan, Jokowi adalah figur yang dirugikan dari para pengusung yang notabene partai pendukung Jokowi," pungkasnya. (Restu)

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Presiden Jokowi Ucapkan HUT TNI AU dari Kokpit Pesawat Sukhoi Presiden Jokowi Ucapkan HUT TNI AU dari Kokpit Pesawat Sukhoi
KPK Minta Presiden Tolak Hak Angket, Ini Kata Fadli Zon KPK Minta Presiden Tolak Hak Angket, Ini Kata Fadli Zon
Intip Jokowi Numpang Salat di Pos Polisi Tol Jagorawi Intip Jokowi Numpang Salat di Pos Polisi Tol Jagorawi

#Jakarta #presiden joko widodo #presiden jokowi #Joko Widodo #hak angket kpk #Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) #Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) #partai politik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar