Korupsi Alkes Banten, Jaksa KPK: Rano Karno Terima Rp700 Juta

Calon Gubernur Banten Rano Karno menyapa pengunjung pasar saat kampanye ke Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (29/11). Pada kunjungan Calon Gubernur petahana tersebut, pedagang dan pengunjung meminta perbaikan Pasar Ciputat yang kumuh dan semrawut. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

Arah - Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut mantan Gubernur Banten Rano Karno menerima aliran dana Rp700 juta dari proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) untuk Rumah Sakit Rujukan Pemerintah Provinsi Banten tahun 2012.

Saat membacakan tuntutan hukuman untuk Ratu Atut Chosiyah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat, jaksa Budi Nugraha menyatakan bahwa perbuatan Ratu Atut Chosiyah bersama Tubagus Chaeri Wardana Chasan alias Wawan dalam proses pengusulan dan pelaksanaan anggaran pengadaan alat kedokteran kesehatan pada RS Rujukan Pemprov Banten Tahun Anggaran 2012 juga menguntungkan Rano.

"Selain telah menguntungkan terdakwa sebesar Rp3,895 miliar, juga telah menguntungkan orang lain yaitu Rano Karno sebesar Rp700 juta," kata jaksa.

Selain Ratu Atut dan Rano Karno, menurut jaksa, tindakan itu itu juga memperkaya pihak lain termasuk Wawan (Rp50,083 miliar), Yuni Astuti (Rp23,396 miliar), Djadja Buddy Suhardjo (Rp240 juta), dan Ajat Ahmad Putra (Rp295 juta).

Baca Juga: Bank Mandiri Perkuat Sinergi Optimalkan Lelang Agunan Kredit
Situ Wanayasa, Primadona Warga Purwakarta Untuk Ngabuburit

Keuntungan juga mengalir ke Jana Sunawati (Rp134 juta), Yogi Adi Prabowo (Rp76,5 juta), Tatan Supardi (Rp63 juta), Abdul Rohman (Rp60 juta), Ferga Andriyana (Rp50 juta), Eki Jaki Nuriman (Rp20 juta), Suherma (Rp15,5 juta), Aris Budiman (Rp1,5 juta) dan Sobran (Rp 1 juta).

Dan kerugian negara akibat kejahatan itu bertambah karena ada pemberian fasilitas berlibur ke Beijing berikut uang saku senilai total Rp1,659 miliar untuk pejabat Dinkes Banten, tim survei, panitia pengadaan dan panitia pemeriksa hasil pekerjaan.

Menurut tuntutan jaksa, Ratu Atut juga meminta anak buahnya memenuhi kebutuhan anak Atut, Andika Hazrumy, yang saat ini menjadi Wakil Gubernur Banten. Permintaan itu disampaikan pada Juli 2012 di Hotel Crowne Plaza Jakarta saat proses pelaksanaan lelang alkes RS Rujukan Banten berlangsung.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor Tak Semua WNI Harus Deposit Rp25 Juta saat Bikin Paspor
Siap Lawan 'Palu Arit' di Indonesia, Rizieq: Ini Perjuangan Saya! Siap Lawan 'Palu Arit' di Indonesia, Rizieq: Ini Perjuangan Saya!
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Jakarta #alat kesehatan #Banten #rano karno #Ratu Atut Chosiyah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar