Ini Persiapan Yusril untuk Jembatani Rekonsiliasi GNPF-Pemerintah

Yusril Ihza Mahendra. (Foto: Dok.Arah.com/ Restu)

Arah - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyebut rekonsiliasi antara GNPF MUI, Habib Rizieq, serta para aktivis yang dituduh makar sangatlah penting untuk memperkuat persatuan bangsa.

"Saya di sini berkeyakinan bahwa para tokoh itu semuanya beritikad baik untuk memajukan umat, bangsa dan negara. Mereka sering berbeda pendapat dengan pemerintah adalah merupakan sesuatu yang wajar dalam berdemokrasi," ujar Yusril di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (21/6).

Dalam keterangannya, lanjut Yusril, pemerintah sedang menghadapi tantangan besar dalam melanjutkan pembangunan. Atas hal itu pemerintah memerlukan stabilitas politik dan situasi yang kondusif serta dukungan dari seluruh komponen bangsa.

"Energi pemerintah harus difokuskan untuk menyelesaikan persoalan ekonomi dan pembangunan bangsa seluruhnya, sehingga beban-beban lain di bidang politik mestinya bisa dikurangi," tutur Yusril.

“Saya mengenal baik Habib Rizieq dan sejumlah ulama atau muballigh dan aktivis yang sekarang ini sedang menghadapi berbagai permasalahan hukum. Terhadap permasalahan ini,” lanjutnya.

Baca Juga: Bergaya Unik, Claudia Adinda Rela Beli Barang Jadul Harga Mahal
Aher Ajak Warga Galakkan Salat Subuh Berjamaah di Masjid

Lebih lanjut, menurut Yusril, pemerintah perlu melakukan pendekatan baru dengan merangkul tokoh-tokoh ulama dan aktivis yang berada di luar pemerintah. Dengan demikian, tidak muncul anggapan pemerintah melakukan ‘kriminalisasi’ terhadap ulama dan aktivis.

"Saya berpendapat bahwa pemerintah seyogianya bersikap bijak dan mengedepankan dialog serta langkah persuasif, dan menghindari langkah-langkah yang agresif seperti penegakan hukum yang potensial menuai kontroversi terhadap mereka," jelasnya.

Sementara itu, Yusril mengaku bersedia menjembatani proses rekonsiliasi antara kedua belah pihak dengan membuat formula rekonsiliasi.

"Saya siap mengajukan formula rekonsiliasi yang Insya Allah dapat diterima kedua pihak demi kesatuan dan persatuan bangsa. Dalam formula rekonsiliasi yang ada dalam pikiran saya, saya berkewajiban untuk menjaga harkat dan martabat semua pihak," tutup Yusril. (Restu)

Video trending pilihan redaksi:

----

Berita Terkait

Video Viral dengan Firza, Rizieq: Saya Sudah Kenyang Difitnah Video Viral dengan Firza, Rizieq: Saya Sudah Kenyang Difitnah
GNPF MUI akan Diperiksa, Habib Rizieq: Mungkin Polisi Kangen GNPF MUI akan Diperiksa, Habib Rizieq: Mungkin Polisi Kangen
Penuhi Panggilan Polisi, Habib Rizieq Tiba di Polda Metro Penuhi Panggilan Polisi, Habib Rizieq Tiba di Polda Metro

#Jakarta #Yusril Ihza Mahendra #Habib Rizieq #GNPF-MUI

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar