Macet Arus Mudik, Ini Cara Polisi Urai Kepadatan di Rest Area

Sejumlah kendaraan memasuki rest area KM 57, Karawang (Foto/arah.com/Haryanto)

Arah -Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes pol Yusri Yunus mengatakan pilihan terakhir yang dilakukan pihaknya untuk mengurai penumpukan di Rest area ialah memberlakukan Contra flow di beberapa titik KM di ruas tol.

"Kali ini kita lakukan contra flow untuk menghindari rest area. Jadi kita larikan mulai dari KM 31 ke KM 44 untuk menghindari rest area KM 39, kemudian kita Contra flow lagi untuk menghindari rest area KM 57," kata Yusri kepada arah.com di Posko Terpadu Cikopo, Purwakarta, Sabtu (24/6/2017).

Ia menjelaskan, pemberlakuan contra flow hanyalah situasional, yang bertujuan untuk mengurai kepadatan di beberapa rest area, yang menjadi salah satu penyumbang kemacetan di dalam tol.

"Jalan terakhir, kalau terjadi stuck di sekitar rest area kita Contra flow, karena kalau kita lepas Contra flow semua (tidak situasional) nanti dampaknya banyak sekali, dampaknya diujung tol sana, akan seperti Palimanan kemarin," jelasnya.

Baca Juga: Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor
Pemudik Antusias Manfaatkan 'Arena Ramah Anak' di Stasiun Senen

Sebelumnya, polisi telah melakukan imbauan kepada para pemudik agar jangan semuanya beristirahat di Rest area, karena lahan yang terbatas dan banyaknya pemudik yang datang. Oleh karena itu, bagi para pemudik harus menyiapkan perlengkapan makan untuk buka atau sahur, dan fisik serta kendaraan yang digunakan.

"Karena jam macetnya itu pada saat jam jam mau solat, mau buka puasa dan sahur, semuanya rebutan mau istirahat di rest area. Cara bertindak paling aman adalah kita membuat kanalisasi, membuat pagar betis di pintu masuk rest area, kita berlakukan pagar betis, apabila sudah penuh didalam kita arahkan ke rest area selanjutnya," ungkap Yusri.

Selain itu, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan, polisi mengimbauan bagi pemudik yang berada di rest area untuk menggunaka waktu berisitirahat seefisien mungkin agar tidak terjadi penumpukan. (Hary Anto)

Selalu update berita politik hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

YLKI: Antrean Toilet 'Rest Area' Timbulkan Kemacetan Baru YLKI: Antrean Toilet 'Rest Area' Timbulkan Kemacetan Baru
Waspada! Ini Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Mudik Purwakarta Waspada! Ini Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Mudik Purwakarta
Kendaraan Meningkat, Rest Area KM 57 Diberlakukan Buka Tutup Kendaraan Meningkat, Rest Area KM 57 Diberlakukan Buka Tutup

#Jakarta #Arus Mudik #Rest Area #Kemacetan Kendaraan #Kepolisian

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar