Aduh.. Ini Dia Lima Hal Sepele yang Bikin Mata Iritasi

Ilustrasi Sakit Mata (Foto:Istimewa)

Arah -  Gangguan kesehatan mata bisa terjadi kapan saja. Banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Namun daripada panik dan mengaitkannya dengan mitos, berikut adalah lima hal yang kerap menyebabkan iritasi mata tanpa disadari manusia, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Lensa Kontak
Menggunakan lensa kontak memang bikin seseorang jadi ganteng atau cantik, karena warna mata juga berubah jadi lebih menarik dengan memiliki mata biru nan cantik. Namun, penggunaan lensa kontak yang tidak benar ternyata bisa menyebabkan iritasi. Misalnya, karena dibiarkan di udara terbuka sehingga ada butiran debu yang menempel di sana. Ketika dikenakan, kontan saja bikin mata berair dan terasa tidak nyaman.

2. Pendingin Ruangan
Menurut dr. Kantika Prinandita, Sp.M dari RS Hermina, Bogor, air conditioner adalah salah satu gangguan mata yang sering dialami orang dewasa, terutama di usia produktif. Sering berada di ruangan yang ber AC juga membuat mata menjadi kering, karena udara dingin yang dihasilkannya membuat kelembapan mata berkurang.

Baca Juga: Siapa Sangka, Posisi Tidur Bisa Tunjukkan Kepribadian Kamu Lho
5 Selebriti Bollywood Ini Merayakan Idul Fitri Lho...

3. Polusi Udara
Polusi udara yang disebabkan oleh asap hasil pembakaran kendaraan memang sangat mengganggu. Bagi yang sering berkendara dengan motor pasti sering merasa tiba-tiba kesehatan matanya terganggu. Mata terasa panas dan sulit diajak fokus.

4. Melihat Layar atau Komputer
Jika kamu terbiasa dan asyik dengan sebuah aktivitas sehingga lupa berkedip. Misal, bermain game di gawai, atau berlama-lama di depan layar komputer. Kedipan mata berfungsi untuk merangsang produksi air mata supaya penglihatan tetap lembap dan terjaga kesehatannya.

5. Alergi
Alergi juga bisa jadi salah satu penyebab iritasi mata. Misalnya saja, serbuk sari yang beterbangan dan tak terlihat menyempatkan diri mampir ke mata. Jika mata kemasukan benda asing, akan menyebabkan mata menjadi alergi dan memperbanyak cairan mata agar zat-zat asing tak mengenai permukaannya.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Sulap Mata Lelah Menjadi Sehat dan Segar dengan Cara Ini Sulap Mata Lelah Menjadi Sehat dan Segar dengan Cara Ini
Waspada Ancaman Tak Terlihat dari Toilet Umum Waspada Ancaman Tak Terlihat dari Toilet Umum
Stop! Kebiasaan Cabut Bulu Hidung, Ini Bahaya yang Mengancam Stop! Kebiasaan Cabut Bulu Hidung, Ini Bahaya yang Mengancam

#Jakarta #Iritasi Mata #Mata Lelah #mata jernih #mata sehat #Info Kesehatan #kesehatan tubuh

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar