Ingin Melawan Teroris, Rusia Minta Akses Pesan Rahasia Telegram

ilustrasi telegram (foto/restu)

Arah -Bagian regulator komunikasi Pemerintah Rusia meminta Pavel Durov, CEO dari aplikasi pesan Telegram untuk membuka akses deskripsi pesan rahasia (Secret Chats) pda layanan mereka.

Kabarnya pemerintahan di negara tersebut juga mengancam akan melakukan pemblokiran akses untuk Telegram jika tidak memenuhi Syarat tersebut. Hal ini erat kaitannya dengan aksi terorisme yang kabarnya menggunakan Telegram sebagai alat komunikasi.

Pavel Durov mengatakan bahwa dirinya tidak mungkin memenuhi permintaan Rusia, selain melanggar hak konstitusional dan ingin menjunjung tinggi kerahasiaan dari para pengguna, secara teknis hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

"Jika Anda ingin mengalahkan terorisme dengan memblokir barang, Anda harus memblokir Internet," ucap Durov seperti dilansir dari laman Venturebeat.

Baca Juga: Bocorkan Rahasia Intelijen AS Pada Rusia, Trump Dianggap Ceroboh
Usai Pecat Direktur FBI, Trump Disebut Berkolusi dengan Rusia

Telegram sendiri merupakan aplikasi pesan layaknya Whatsapp yang menggunakan keamanan dengan tingkat end to end terenkripsi yang membuat setiap pesan hanya dapat dibuka dan dibaca oleh setiap pihak pengirim serta penerima.

Rusia sebenarnya bukan negara pertama yang meminta Telegram untuk membuka akses pesan rahasia. Negara lain seperti Amerika Serikat dan Iran juga pernah melakukan hal yang sama dan semuanya mendapatkan penolakan dari CEO Telegram tersebut.

Pihak Telegram memilih untuk menjaga privasi data pengguna dan tetap melakukan pemantauan dari berbagai kemungkinan penyalahgunaan Telegram berdasarkan standar keamanan yang mereka buat. (Restu)

Berita politik terkini lainnya hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Bukan WhatsApp dan BBM, Ini Aplikasi Pesan Favorit Teroris Bukan WhatsApp dan BBM, Ini Aplikasi Pesan Favorit Teroris
DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Jakarta #Akses pesan telegram #Rusia #Aplikasi pesan Telegram #teroris

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar