Duh, Indonesia Masuk Daftar Negara Rentan Virus Petya

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (30/6) (Foto/arah.com/May)

Arah -  Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut Indonesia masuk dalam daftar 10 negara yang rentan terkena virus di dunia maya. Karena itu, ia khawatir akan masuknya virus ransomeware Petya ke dalam negeri.

"Indonesia masuk ke 10 besar negara yang selalu kena serangan. Priorits kami adalah mencegah agar tidak terjadi di Indonesia," kata Rudiantara di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (30/6).

Meski sampai saat ini belum ada komputer di Indonesia yang terkena virua tersebut, ia mengaku sudah memberitahu sejumlah lembaga tentang pentingnya melakukan langkah pencegahan. Lembaga-lembaga tersebut bergerak di sektor perbankan, energi, dan transportasi.

"Sudah beritahu langsung ke beberapa Direktur Utama. Tiga sektor itu kami sebut critical infrastructure," pungkasnya.

Rudiantara menjelaskan, virus Petya pada dasarnya sama dengan virus Wannacry yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Keduanya sama-sama tergolong ransomware.

"Petya dan wannacry dianggap ransomware. Ransom itu tebusan, kalau terkena itu dia minta uang agar nanti dikasih obatnya agar bisa terbuka," terangnya.

Baca Juga: Miliki Tubuh 'Spesial', Model Ini Tetap Tampil Memukau
Katy Perry Orang Pertama yang Raih 100 Juta Followers di Twitter

Virus Petya meminta tebusan 300 dollar dalam bentuk bit coin. Petya, kata Rudiantsra, sudah ada sejak 2016. Dalam 24 jam, virus ini mampu melumpuhkan belasan ribu komputer.

Sampai saat ini, Ukraina menjadi negara yang paling banyak terinfeksi Petya. Berbeda dengan Wannacry yang menyerang file, Petya menyerang harddisk. "Jadi dampaknya sangat besar," tandas Rudiantara. (May)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Gara-gara Ransomware, Rumah Sakit Ini Layani Pasien Pakai Kertas Gara-gara Ransomware, Rumah Sakit Ini Layani Pasien Pakai Kertas
Menkominfo Imbau Warga Tak Panik Terhadap Serangan Ransomware Menkominfo Imbau Warga Tak Panik Terhadap Serangan Ransomware
Kominfo Minta Masyarakat Antisipasi Serangan Ransomware Petya Kominfo Minta Masyarakat Antisipasi Serangan Ransomware Petya

#Jakarta #Virus Petya #Ransomware Petya #Ransomware #Menteri Komunikasi dan Informatika #Kemenkominfo #Rudiantara

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar