Kapolda Papua Berharap Tak Ada Gangguan Keamanan saat HUT TPN-OPM

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar (Dok.Antara/Reno Esnir)

Arah -  Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar mengharapkan tidak ada gangguan keamanan di wilayah provinsi ujung timur Indonesia itu terkait peringatan HUT Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) pada 1 Juli.

"Kami berharap tidak ada gangguan keamanan. Kami sudah memberikan arahan kepada anggota untuk mengedepankan pendekatan persuasif dan langkah-langkah preventif serta upaya deteksi dini terhadap semua potensi gangguan yang mengarah kepada hal-hal yang bertentangan dengan konstitusi," kata Boy Rafli di Timika, Sabtu (1/7).

Kapolda mengatakan upaya deteksi dini terhadap semua potensi gangguan keamanan terus dilakukan jajaran Polri dan TNI di Papua melalui komunikasi dengan semua kelompok yang ada di dalam masyarakat Papua.

Mantan Kadiv Humas Polri itu juga meminta semua anggota Polri di wilayah Papua terus membangun kesadaran masyarakat setempat agar tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan konstitusi negara.

Baca Juga: Konyol, Gedung Pencakar Langit Ini Lupa Dibuatkan Lift
UEFA Bakal Batasi Anggaran Klub untuk Gaji Pemain

Situasi keamanan di wilayah Papua selama ini cukup rawan dengan gangguan keamanan terutama menjelang 1 Juli dan 1 Desember yang diperingati sebagai momentum pembentukan TPN-OPM.

Adapun peringatan HUT Bhayangkara tahun ini akan diundur setelah tanggal 10 Juli 2017 pasca berakhirnya kegiatan Operasi Ramadniya mengingat saat ini sebagian besar anggota Polri di semua daerah terlibat kegiatan pengamanan arus balik Lebaran.

"Kami tahu sebagian besar teman-teman sekarang lagi bertugas di pos-pos pengamanan terutama di jalur-jalur mudik. Makanya pimpinan Polri memutuskan bahwa peringatan HUT Bhayangkara akan dilakukan setelah pengamanan Lebaran," jelas Boy Rafli, dikutip Antara.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi! Dilaporkan Henry Yosodiningrat, Rizieq: Wallahualam, Kita Hadapi!
Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq
KontraS Sebut Pilkada Momentum Menyulap Figur Politik Lokal KontraS Sebut Pilkada Momentum Menyulap Figur Politik Lokal

#Jakarta #Jayapura Papua #kapolda papua #Boy Rafli Amar #Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar