Dukung Ekonomi Kerakyatan, Ganjar Usul 'Rest Area' untuk UMKM

Ganjar Pranowo (foto/instagram)

Arah -Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan agar tempat istirahat (rest area) di beberapa titik jalan tol bisa menjadi tempat untuk berjualan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai bentuk dukungan terhadap ekonomi kerakyatan.

"Saya usul agar pengelola jalan tol mengakomodasi pelaku UMKM agar bisa menjajakan produknya di 'rest area'," katanya di Semarang, Sabtu (1/7).

Ganjar mengungkapkan bahwa pembangunan jalan tol secara masif di Provinsi Jawa Tengah berdampak menurunnya omzet pedagang oleh-oleh maupun cenderamata di sejumlah titik.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan jika para pedagang batik dan telur asin di sepanjang jalur pantai utara mengeluh omzetnya menurun akibat pembangunan jalan tol Pemalang-Semarang.

"Kalau para pedagang diizinkan berjualan di 'rest area' jalan tol dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal, diharapkan akan menaikkan omzet masing-masing," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah daerah harus menerbitkan regulasi yang mengatur alokasi "rest area" jalan tol untuk para pedagang berskala kecil.

"Semisal kita atur pakai regulasi 30 persen kios di 'rest area' untuk pedagang kecil dan UMKM kan bisa, sewanya juga tidak mahal," tutur mantan anggota DPR RI itu.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Optimis Magelang Jadi Satelit Pariwisata
Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif!
Ramadhan Fair Jadi Berkah Tersendiri Bagi Pelaku UMKM

Selain itu, kata Ganjar, "rest area" jalan tol harus didesain seindah mungkin agar tidak hanya digunakan untuk beristirahat bagi pengguna jalan, melainkan juga bisa sebagai tujuan alternatif pariwisata.

"Saya membayangkan 'rest area' jalan tol Bawen-Salatiga kalau dibangun bagus, masyarakat bisa melihat keindahan Gunung Merbabu dan kawasan Rawapening," ujarnya kepada Antara.

Terkait dengan usulannya tersebut, Ganjar mengaku sudah menyampaikan secara lisan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Sudah saya usulkan karena ini kompensasi kita pada masyarakat untuk mendukung ekonomi kerakyatan," katanya.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Ganjar Pranowo Optimis Magelang Jadi Satelit Pariwisata Ganjar Pranowo Optimis Magelang Jadi Satelit Pariwisata
Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif! Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif!
Ganjar Puji Pendidikan Pesantren yang Penuh Budi Pekerti Ganjar Puji Pendidikan Pesantren yang Penuh Budi Pekerti

#Jakarta #gubernur jawa tengah #Ganjar Pranowo #UMKM #Rest Area

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar