Dua Ponsel Alcatel ini Bergelar iPhone Killer

Ponsel pintar Alcatel Idol 4 dan Idol 4S. (Foter/portalgda)

Arah -  Meski namanya kurang populer di pentas ponsel pintar dunia, Alcatel mulai serius menjadi manufaktur ponsel berkualitas. Ingin menanggalkan citra ponsel Android murah, Alcatel kini membidik ceruk pasar entry-level di segmen ponsel kelas atas.

Produsen ponsel yang merupakan joint venture Alcatel-Lucent (45%) dan TCL asal Tiongkok (55%) ini baru saja merilis Idol 4, yang merupakan suksesor Onetouch Idol 3, dengan layar mengecil 5,2 inci beresolusi Full HD 1080p, prosesor octa-core, kamera utama 13 megapiksel, dan RAM 3 GB.

Tipe baru lainnya, Idol 4S mengusung layar lebih besar 5,5 inci beresolusi 1440 x 2560 piksel, prosesor lebih cepat, kamera utama 16 MP, serta RAM 3 GB. Khusus layar Idol 4S, Alcatel mengadopsi teknologi vivid AMOLED yang menyuguhkan visual yang lebih jernih.

Sayang, untuk memori internal, Idol 4 hanya dibekali memori 16 GB dan Idol 4S sebesar 32 GB. Meski masih bisa diperbesar dengan microSD hingga 200 GB, untuk ponsel yang ambisius, kapasitas ini masih terbilang kurang wah.

Kedua ponsel juga dilengkapi dengan Virtual Reality Content, serta berteknologi Waves dengan speaker stereo ganda. Untuk koneksi, keduanya relatif sangat lengkap, mendukung jaringan 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, NFC, Bluetooth 4.2, GPS, dan Micro-USB dengan OTG.

Tak cuma soal koneksi, pengalaman pengguna pun diperkaya dengan bundling Google Cardboard—headset virtual reality dari bahan plastik dengan dua lensa cembung di dalamnya. Sehingga, pengguna Alcatel Idol 4S bisa langsung menggunakan Google Cardboard ketika membuka dus pembelian.

Alcatel Idol 4S dan paket Google Cardboard

Alcatel Idol 4S dan paket Google Cardboard.

Dengan menggunakan Google Cardboard dan sensor accelerometer serta gyroscope yang dimiliki Alcatel Idol 4S, pengguna bisa menikmati aplikasi dan game virtual reality yang dirilis Google untuk Cardboard. Menariknya, berbagai aplikasi atau game tersebut dapat dinikmati dalam moda 360 derajat.

Menghentak panggung Mobile World Congress 2016 di Barcelona, akhir Februari lalu, Alcatel Idol 4 dan Idol 4S muncul dalam empat pilihan warna—Gold, Dark Grey, Rose Gold dan Metal Silver.

Idol 4 akan dipasarkan dengan harga 279 euro (setara Rp4,1 juta), sementara Idol 4S dibanderol seharga 449 euro (setara Rp6,6 juta). Dengan harga relatif miring dan spesifikasi mewah, mampukah Alcatel menjegal lini iPhone dan Samsung Galaxy di segmen entry level? Anda sebagai konsumen adalah penentunya.

Alcatel Idol 4 dan Idol 4S

Berita Terkait

7 Alasan Xiaomi Mi5 Diprediksi Bakal Laku Keras 7 Alasan Xiaomi Mi5 Diprediksi Bakal Laku Keras
Telepon Genggam 98 ribu Perak Dari India Telepon Genggam 98 ribu Perak Dari India
Begini Rasanya Pakai Casing iPhone 6S Seharga Rp13,5 Juta Begini Rasanya Pakai Casing iPhone 6S Seharga Rp13,5 Juta

#Alcatel #ponsel pintar #ponsel murah #ponsel #iPhone

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar