Staf Kepresidenan Klaim Mudik Lebaran 2017 Berjalan Lancar

Petugas memantau monitor arus mudik Pos Koordinasi Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017 (1438 H) Mudik Bareng Guyub Rukun di Kantor Kemenhub, Jakarta, Sabtu (1/7). (Antara/Reno Esnir)

Arah -  Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, menyatakan pengelolaan mudik lebaran 2017 sangat berhasil. Alasannya karena koordinasi Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Polri dan TNI sangat bersinergi.

"Kami pantau sentimen publik cukup positif, pengelolaan mudik kemarin sangat berhasil. Ada 19 juta manusia bergerak dari satu titik ke titik lain, baik darat, laut dan udara," kata Teten di Ruang Rapat Utama, Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran No 16, Jakarta Pusat, Kamis (6/7).

Menurutnya koordinasi selama arus mudik dan balik lebaran sangat efisien, seluruh pihak yang terlibat dalam berlangsungnya mudik dapat bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Disangka di Luar Negeri, Air Terjun Niagara ini ada di Indonesia
Kunjungi Masjid Termegah di Turki, Jokowi Sempatkan Salat Sunah

"Posko utama di bawah kendali Kemenhub, pengendalian lalu lintas di bawah Kakorlantas, penyediaan infrastruktur jalan di bawah Kementerian PUPR. Ini sangat efisien," tuturnya.

Maka dalam hal ini, terlihat jelas juga penurunan angka kecelakaan, serta tidak dijumpai lagi calo tiket di setiap tempat pembelian tiket baik di terminal, stasiun atau pelabuhan.

"Penurunan angka laka di tengah peningkatan pemudik, penurunan angka percaloan yang signifikan mendekati 0 persen dan menurunnya pemudik yang mengalami sakit selama liburan," ujarnya.

Meski telah mendapat kemajuan yang signifikan dalam mengelola arus mudik dan balik, pemerintah tetap membutuhkan masukan dari masyarakat untuk dapat memperbaiki yang dianggap terdapat kekurangan.

"Pemerintah tetap membutuhkan masukan dari masyarakat untuk memperbaiki segala kekurangan," tandasnya. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Ini Cara Disdukcapil Sisir Pendatang Baru Usai Mudik Lebaran Ini Cara Disdukcapil Sisir Pendatang Baru Usai Mudik Lebaran
Kecemasan di Balik Senyuman Para Penjaga Gerbang Tol Kecemasan di Balik Senyuman Para Penjaga Gerbang Tol
Hadapi Arus Balik, Disdukcapil Siap Langsung Data Pendatang Baru Hadapi Arus Balik, Disdukcapil Siap Langsung Data Pendatang Baru

#Arus Balik #Arus Mudik #Libur Lebaran #Idul Fitri 2017 #Idul Fitri 1438 H #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar