Ngeri! Ditemukan Fosil Buaya Bergigi T-rex di Madagaskar

Buaya Raksasa (Foto:Ourplnt)

Arah -  Tim ilmuwan dari Italia dan Perancis dibuat tercengang dengan penemuan fosil buaya yang memiliki gigi bergerigi besar seperti T-rex, di Madagaskar, Afrika.

Temuan yang sudah diterbitkan jurnal peer-review PeerJ oleh para ahli paleontologi itu menyebutkan buaya itu merupakan predator tanah teratas di periode Jurasik Tengah, ketika dinosaurus menguasai Bumi.

Tulang rahang dan geriginya sangat kuat, seperti T-rex. Buaya itu juga diketahui memakan jaringan keras, seperti tulang dan tendon.

Fitur anatomis tersebut meyakinkan peneliti bahwa fosil yang ditemukan itu adalah notosuchia Jurassic, yang dekat dengan jenis baurusuchids dan sebecids di Amerika Selatan.

Buaya itu merupakan pemangsa terestrial yang sangat khusus, namun berbeda dengan buaya masa kini yang memiliki tengkorak dalam dan tungkai tegak yang kuat.

Baca Juga: Deretan Kapal Perang Buatan Indonesia Bikin Negara Tetangga Ciut
5 Fakta 'Kiamat' di Bumi Sudah di Depan Mata

Nama lengkap dari predator crocodyliform itu adalah Razanandrongobe sakalavae, yang berarti 'leluhur kadal raksasa dari daerah Sakalava'.

Hewan berjulukan Razana itu diyakini merupakan spesies tertua dan mungkin merupakan perwakilan terbesar dari sekelompok hewan mirip buaya yang disebut Notosuchian.

"Razana dapat mengalahkan dinosaurus theropoda, di puncak rantai makanan", Cristiano Dal Sasso, dari Museum Sejarah Alam Milan, dalam sebuah pernyataan.

"Sebenarnya, jenis ini berkontribusi untuk mengisi celah dalam evolusi kelompok itu, yang berisi silsilah garis keturunan di Jurassic. Informasi tersebut mendokumentasikan peningkatan ukuran dramatis, agak tak terduga, dalam sejarah awal kelompok tersebut," ungkapnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Temuan Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Usul Kaki Manusia? Temuan Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Usul Kaki Manusia?
Wow! Fosil Ikan Purba Berumur 420 Tahun Ditemukan di China Wow! Fosil Ikan Purba Berumur 420 Tahun Ditemukan di China
Ilmuwan Temukan Fosil Tertua dan Tertipis di Dunia Ilmuwan Temukan Fosil Tertua dan Tertipis di Dunia

#Buaya #Penemuan Fosil #fosil #Hewan Purba #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar