Penampakan Sumur Raksasa di Dunia Ternyata Cuman Ada di Indonesia

Terowongan yang menghubungkan Pusat Laut Donggala dengan pantai ini...

Arah -  Apa yang terlintas dalam benak kamu ketika mendengar kata sumur? pasti yang kamu bayangkan ada sumber air galian yang ada di belakang rumah dan mengambil airnya dengan ditimba. Namun, tidak dengan sumur yang satu ini.

Sumur alami yang berlokasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, ini bernama Pusentasi yang berasal dari bahasa Kaili atau suku asli Sulawesi Tengah.

"Pusen" punya arti 'pusat', sedangkan " Tasi" berarti 'laut'.

Baca Juga: Seram! Inilah Spot Favorit Hantu di Rumah Kamu
Terdakwa Menangis, Hakim yang Mengadilinya adalah Teman Sekolah

Pusentasi atau yang lebih dikenal dengan Pusat Laut Donggala adalah sumur raksasa yang berdiameter kurang lebih 10 meter dan memiliki kedalaman tujuh meter.

Saat masuk, kamu akan merasakan air yang jernih dengan warna yang sangat biru layaknya air laut.

Konon kabarnya, terdapat semacam lubang atau terowongan yang menghubungkan Pusat Laut Donggala dengan pantai karena jaraknya dari bibir pantai hanya sekitar 500 meter. Maka tidak heran, jika air di Pusat Laut Donggala asin dan mengalami pasang dan surut.

Yang menarik lagi, air di Pusat Laut Donggala ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk mengambil airnya.

Keren ya sumur satu ini. Tapi ada satu lagi yang kamu harus tau, sumur raksasa ini disinyalir sebagai sumur raksasa pertama di dunia. (rz)

Berita Terkait

Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
Bocah Indonesia Pemikat Bos Apple Bocah Indonesia Pemikat Bos Apple
Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta Usut Suap Reklamasi, KPK akan Panggil Plt Gubernur DKI Jakarta

#garam laut #arah.com #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar