Indonesia-Singapura Serukan Toleransi Harmoni Antarumat Beragama

Para pemuka antar agama di Singapura bersama kedutaan Indonesia bertemu dan melakukan kunjungan sosial dibeberapa tempat ibadah yang ada di Singapura. foto: MARK CHEONG/straitstimes.

Arah - Meski melakukan ibadah dengan cara yang berbeda, namun berbagi cinta adalah sesuatu yang sudah seharusnya. Hal inilah yang membuat para pemuka antar agama di Singapura bersama kedutaan Indonesia bertemu dan melakukan kunjungan sosial dibeberapa tempat ibadah yang ada di Singapura.

Dilansir dari laman The Straits Times, dalam acara perbincangan antaragama tersebut, juga hadir Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin yang menjadi salah satu pembicara.

Saifuddin mengatakan bahwa terlepas dari konteks perbedaan cara beribadah, semua agama pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dalam menegakkan keadilan dan kesetaraan semua umat islam.

Baca Juga: Alamak! 8 Rider Ojek Online Ini Bikin Penumpang Betah Dibonceng
Arisan Kurban, Sahkah Hukum Kurban Kita Sesuai Syariat?

Selain Saifuddin, Tan Chuan-Jin selaku Menteri Sosial dan Keluarga Singapura menyampaikan bahwa pentingnya perdamaian dan toleransi bagi semua agama. Sehingga dialog dianggap sebagai cara ampung demi menemukan kesamaan dari berbagai agama.

"Pemerintah siap mendukung adanya dialog, moral dan keuangan, namun pada akhirnya menyerahkan kepada individu yang dilibatkan," katanya.

Salah satu pastor penginisiasi acara tersebut mengatakan, acara ini diselenggarakan demi memahami ajaran masing-masing agama, sehingga meminimalisir kerusuhan.

"Kami berusaha untuk memahami ajaran agama dan komunitas lain, karena ketidaktahuan tidak akan melahirkan kebahagiaan. Ketidaktahuan menghasilkan ketakutan, dan menjadi sumber peperangan," ujar Pendeta Gabriel Liew.

Pertemuan yang digelar demi perayaan jalinan 50 tahun hubungan anatara Singapra dan Indonesia ini jga dilakukan dengan mengunjungi lembaga-lembaga keagamaan di Singapura seperti Hindu Endowments Board (Dewan Wakaf Hindu), Islamic Relegious Council (Dewan Agama Islam Singapura), Mahakaruna Buddhist Society (Komunitas Buddha Mahakaruna) dan Gereja St Mary Of Angels. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi Menag: Waspada Sisi Negatif Zaman Globalisasi
Menag Puji Keharmonisan Antarumat di Kalbar Menag Puji Keharmonisan Antarumat di Kalbar
Jelang Penentuan 1 Syawal, Menag Dibekali Laporan Tim Rukyatul Jelang Penentuan 1 Syawal, Menag Dibekali Laporan Tim Rukyatul

#Kerukunan/ Toleransi Beragama #Umat Muslim #Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar