Presiden Bantah Tak Ada Reshuffle Minggu Ini

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono (kanan) dan Bupati Temanggung Bambang Sukarno (kiiri) menyapa warga saat meresmikan pembangunan infrastruktur di Parakan, Temanggung, Jateng, Sabtu (17/6). (foto/antara/Anis Efizudin)

Arah - Presiden Joko Widodo memastikan tak ada perombakan kabinet atau reshuffle yang santer disebut-sebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal itu diungkapkan Jokowi setelah meninjau proyek penyediaan rumah tapak (landed house) murah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di perumahan Pesona Bukit Batuah yang berlokasi Batu Ampar Balikpapan Timur, Kalimantan Timur, Kamis (13/7).

"Enggak ada reshuffle hari ini enggak ada, minggu ini juga enggak ada," kata Jokowi.

Dalam sepekan terakhir, isu perombakan kabinet kembali menguat setelah diperkirakan ada evaluasi kinerja menteri-menteri oleh Presiden dan Wakil Presiden.

Namun Presiden Jokowi mengaku belum tahu kemungkinan adanya perombakan kabinet dalam jangka panjang.

"(Kalau tahun ini) belum tahu," katanya.

Ia juga enggan menjawab saat disebutkan sejumlah nama-nama menteri yang diduga terkena reshuffle. "Tadi sudah saya bilang hari ini tidak ada reshuffle, minggu ini tidak ada reshuffle," katanya.

Baca Juga: Ini Cerita Pelaku Pembacokan Terhadap Ahli IT Hermansyah
Polisi Tangkap Pelaku Keempat Bom Panci Buahbatu Bandung

Dikutip Antara, tercatat Presiden Jokowi sudah dua kali merombak susunan kabinet dalam tiga tahun terakhir pemerintahannya.

Jokowi juga disebut-sebut telah mempersiapkan reshuffle kabinet. Seorang pejabat di lingkaran Istana mengungkapkan Jokowi sedikitnya dua kali berdiskusi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yakni sebelum dan sesudah Lebaran.

Menteri yang dikabarkan akan didepak Jokowi adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Selain itu, posisi Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno juga terancam menyusul temuan Badan Pemeriksa Keuangan dalam kerja sama PT Pelindo II dengan Hutchison Port Holdings.

Berita Terkait

Isu Reshuffle Menteri, Saatnya Jokowi Memilih Tanpa Embel Parpol Isu Reshuffle Menteri, Saatnya Jokowi Memilih Tanpa Embel Parpol
Soal Isu Reshuffle Jokowi, JK: Ya Mungkin Ada Itu Soal Isu Reshuffle Jokowi, JK: Ya Mungkin Ada Itu
Gara-gara Hal Ini, Jokowi Ancam Reshuffle Kepada Para Menteri Gara-gara Hal Ini, Jokowi Ancam Reshuffle Kepada Para Menteri

#presiden joko widodo #reshuffle menteri #Reshuffle Kabinet #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar