Kembali Erupsi, Material Vulkanik Sinabung Setinggi 3,5 Km

BPBD Karo Imbaumasyarakat untuk menjauh zona merah Gunung Sinabung/arah.com/Nugi

Arah - Pagi tadi Gunung Sinabung kembali erupsi dengan melontarkan material abu vulkanik setinggi 3500 meter, dan disertai guguran lava sejauh 1000 meter ke arah selatan, Kamis (20/7) sekitar pukul 07.20 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, saat ini status Gunung Sinabung berada di level IV.

"Akibat erupsi Sinabung, terjadi gempa selama 386 detik. Sementara angin bertiup sedang ke arah barat hingga barat daya. Saat ini aktivitas vulkanik masih tinggi, status Gunung Sinabung level IV (awas)," kata Sutopo.

Baca Juga: Cak Nun Ibaratkan Setya Novanto Mirip Penyakit Kanker
HTI Bubar, Cak Nun: Itu Bentuk Ketidakseimbangan Bangsa

Sutopo melanjutkan, ia mengimbau masyarakat yang berada di sekitar Gunung Sinabung agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak. Selain itu, imbauan juga diberikan agar tidak melakukan aktivitas dari jarak 7 kilometer untuk sektor selatan hingga tenggara.

Sementara itu, jarak 6 kilometer untuk sektor tenggara sampai timur. Kemudian, dalam jarak 4 kilometer untuk sektor utara hingga timur dari puncak Gunung Sinabung.

Sutopo mengimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas dan bermukim di dekat sungai- sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar dingin saat hujan.

"Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus. Maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap waspada karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga berpotensi mengakibatkan lahar dingin atau banjir bandang ke hilir," jelas Sutopo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Karo diminta segera melakukan sosialisasi ancaman bahaya lahar dingin saat hujan atau banjir bandang ini kepada penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus. (Nugi)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

 Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Hujani Kawasan Sibolangit Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Hujani Kawasan Sibolangit
Gunung Sinabung Makin Rutin Erupsi Gunung Sinabung Makin Rutin Erupsi
BPBD Karo Akan Tutup 8 Posko Pengungsian Sinabung BPBD Karo Akan Tutup 8 Posko Pengungsian Sinabung

#Gunung Sinabung #Lahar dingin #abu vulkanik #Sumatera Utara #Karo Sumut #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar