MUI Minta Pemerintah Melakukan Pengujian Mendalam Terhadap HTI

Ilustrasi logo Majelis Ulama Indonesia (MUI). (Foto: mui.or.id)

Arah - Majelis Ulama Indonesia (MUI), menilai sebaiknya ada pengujian yang membuktikan ormas Hizbut Tahrir Indonesia merupakan organisasi yang anti Pancasila. Sebab, pihak MUI sampai saat ini tidak menemui adanya indikasi ormas tersebut merupakan organisasi yang anti-Pancasila.

"Makanya menurut saya ini sebaiknya diuji, dibawa ke pengadilan, karena saya baca AD/ARTnya nya asasnya Islam dibawah naungan NKRI dan Pancasila," kata Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas, di Aula MUI, Jakarta Pusat, pada Kamis (20/7).

Akan tetapi seandainya anggapan yang menilai HTI merupakan organisasi yang berupaya merubah sistem negara menjadi kekhalifahan benar, MUI sepakat terhadap langkah pemerintah untuk membubarkan HTI.

"Kan ada yang menyatakan bahwa HTI itu katanya akan mengganti sistem pemerintahan negara RI dengan sistem kekhalifahan. Ya kalau seandainya seperti itu, ya kita keberatan," jelas Anwar.

Baca Juga: Soal Perppu Ormas, Ridwan Kamil Dukung Penuh Pemerintah Pusat
Pabrik BMW di Oxford akan memproduksi mobil listrik Mini

Anwar juga mengatakan, MUI sepakat bahwa Pancasila merupakan ideologi dan falsafah negara Indonesia yang sudah final. "Jadi kalau ada pihak-pihak yang ingin merubah NKRI ya kita gak setuju," kata dia.

Sampai saat ini, kata Anwar, MUI juga melakukan pengkajian terhadap HTI yang dianggap anti-Pancasila tersebut. Kajian MUI yang didasarkan pada akidah agama tidak menemui adanya pelanggaran yang dilakukan HTI.

"Dan kesimpulan sementara kemarin kalau pakai kriteria itu gak ada yang terlanggar dan dilanggar HTI," jelasnya.

Sementara dari sudut pandang lain, MUI sedang mendalami isu tersebut dengan melakukan kajian lapangan berupa wawancara mendalam terhadap warga HTI. Ia mengatakan hasil kajian itu bisa didapatkan pada Selasa depan (25/7). "Saya rasa mungkin Selasa depan udah selesai. Karena kemarin di antara mereka masih ada perbedaan pendapat," ujar Anwar. (Harry Muthahhari)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?
Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir Wantim MUI Gelar Rapat Pleno, Jokowi Batal Hadir
Berang Fatwa MUI Dikriminalisasi, Din Sindir Kapolri Berang Fatwa MUI Dikriminalisasi, Din Sindir Kapolri

#HTI Dibubarkan #Majelis Ulama Indonesia (MUI) #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar