Ngeri, Ditemukan Virus Raksasa Terbesar di Dunia

Virus raksasa yang diberi nama Pandoravirus (The Week)

Arah -  Selama ini virus dikenal atau diasumsikan berukuran kecil. Tapi, kali ini ditemukan virus berukuran raksasa. Besarnya 1.000 kali dari virus flu biasa.

Temuan mengejutkan itu didapat oleh peneliti dari French National Research Agency di Aix-Marseille University, Perancis.

"Kami percaya bahwa sedang membuka kotak Pandora, karena tidak banyak pengetahuan tentang virus-virus. Oleh karena itu, kami menamakan virus raksasa itu Pandoravirus," kata Dr Jean Michel Claverie, pemimpin penelitian, dilansir The Week, Jumat (21/7).

Dia menambahkan, Pandoravirus sangat unik, karena memiliki klasifikasi sendiri. Bahkan, ukurannya dua kali lebih besar dari ukuran virus terbesar yang pernah ditemukan.

"Virus ini mempunyai garis keturunan gen yang berbeda dengan virus-virus lainnya," ujar Claverie.

Baca Juga: Warganet Bingung, Kini Apple Jualan Produk Nokia
Peneliti Klaim Temukan Cara untuk Tunda Kematian?

Tim peneliti pertama kali menemukan virus berukuran besar saat melakukan penggalian di lepas pantai Las Cruces, Chili, pada tahun 2011 silam.

Peneliti belum menemukan banyak informasi mengenai asal muasal dari virus raksasa itu.

"Penemuan virus ini akan memperluas pengetahuan manusia mengenai bagaimana virus menjadi berukuran besar dan bagaimana rantai evolusinya," kata Claverie.

"Masyarakat tidak perlu takut pada virus ini. Tidak perlu pembersih tangan setelah memegang virus ini. Pandoravirus hanya hidup di bawah air dan tidak mengancam kesehatan manusia," tutup Claverie.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Ternyata Buaya Punya Kecerdasan Tinggi, Ini Buktinya... Ternyata Buaya Punya Kecerdasan Tinggi, Ini Buktinya...
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?
Waduh! Perubahan Iklim Bikin Manusia Makin 'Ganas' Waduh! Perubahan Iklim Bikin Manusia Makin 'Ganas'

#Virus #Penemuan Baru #Riset/ Penelitian Ilmiah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar