Salat Jumat Terlambat Pahala Bisa Hilang

Ilustrasi jamaah salat (Foter.com/DMahendra)

Arah - Banyak yang belum tahu betapa besarnya pahala bagi umat muslim yang datang salat Jumat lebih awal. Hal ini menjadikan banyak umat muslim yang datang salat Jumat pada waktu azan berkumandang, bahkan hingga khatib berkhutbah.

Padahal, ada pahala besar menanti bagi siapa saja yang datang lebih awal ke masjid.

Dari Abu Hurairah ra,  Rasulullah Saw betsabda: "Pada setiap pintu dari pintu-pintu masjid pada hari jumat terdapat dua malaikat yang mencatat orang-orang yang terlebih dahulu berangkat. Jika imam (khatib) telah keluar (naik ke mimbar), maka buku catatan para malaikat ditutup." (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan An-Nasai).

Dan dari riwayat lain dijelaskan adanya pahala yang didapat oleh seseorang karena datang lebih awal. Pahala tersebut seperti ia berkurban hewan.

Dari Abu Hurairah ra, bahwasannya Rasulullah Saw bersabda: "Jika tiba hari jumat, maka para malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang-orang yang datang lebih awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan salat Jumat adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul, dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan zikir (khutbah)." (HR.  Ahmad).

*BerbagaiSumber 

Berita Terkait

Awas! Ini Bahayanya Ngobrol Saat Khotbah Jumat Awas! Ini Bahayanya Ngobrol Saat Khotbah Jumat
Tips Puasa Bagi Kamu yang Pertama Kali Menjalaninya Tips Puasa Bagi Kamu yang Pertama Kali Menjalaninya
Pijat Wajah, Alternatif Hilangkan Penat Saat Ramadhan Pijat Wajah, Alternatif Hilangkan Penat Saat Ramadhan

#hadits #rasulullah saw #Salat Berjamaah #Salat Jumat #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017 #puasa ramadhan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar