Jika Maju Pilpres, Dua Isu Ini Bisa Buat Jokowi Tergelincir

Peringati Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Unggah Video Ini. (Foto: Instagram/@jokowi)

Arah - Dalam diskusi politik, Direktur SMRC, Sirojudin Abbas menilai ada dua isu yang akan membuat Presiden Joko Widodo tergelincir jika maju dalam Pilpres 2019.

Isu pertama adalah hubungan Jokowi dengan pemilih dari umat Muslim. Ia menilai umat Muslim di Indonesia tidak homogen karena dinaungi oleh berbagai ormas seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Abbas lantas mempertanyakan dukungan PKB sebagai salah satu partai Muslim pendukung Jokowi ke depannya apakah bisa menggaet pendukung Muslim untuk Jokowi.

"Pertanyaannya seberapa kuat untuk politik Jokowi ke depan? Dalam NU sangat cair dan saya baru tahu ada beberapa jadi pembina FPI. NU ada di Golkar, Demokrat. Jadi soal relasi sangat penting," kata Abbas, Minggu (30/7).

Baca Juga: Prabowo Maju Pilpres 2019, Golkar: Jokowi Punya Prestasi
Ini Alasan Surya Paloh Ingin Calonkan Jokowi di Pilpres 2019

Isu kedua yang bisa membuat Jokowi tergelincir adalah posisi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan latar belakang militernya. Jokowi dinilai bukan sosok pemimpin kuat.

Abbas memandang pertarungan sipil-militer antara Jokowi-Prabowo tidak akan terelakkan. Hanya saja ia masih menimbang bagaimana persepsi itu dibangun di masyarakat hingga Pilpres nanti.

"Kedua, soal relasi sipil militer karena muncul isu soal kebutuhan pemimpin kuat dan Jokowi belum ada persepsi pemimpin kuat. Relasi sipil-militer akhir 2018 seperti apa, seberapa kuat perhatian publik dan seberapa penting konfigurasi itu. Persepsi itu mulai beredar di masyarakat," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam salah satu acara diskusi yang membahas RUU Pemilu, nama Jokowi disebut akan kembali maju dalam Pilpres 2019. Hanya saja belum diketahui siapakah lawannya. Hal itu lantaran partai politik yang ada masih harus berkoalisi demi memunculkan calon presiden yang akan diusung. (Shemi) 

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Ditanya Soal Pilpres di Hari Lebaran, Begini Jawaban Prabowo Ditanya Soal Pilpres di Hari Lebaran, Begini Jawaban Prabowo
Prabowo Maju Pilpres 2019, Golkar: Jokowi Punya Prestasi Prabowo Maju Pilpres 2019, Golkar: Jokowi Punya Prestasi
Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar! Hasil Survei Tidak Netral, Prabowo: Terserah Siapa yang Bayar!

#pilpres 2019 #Joko Widodo #Prabowo Subianto #partai politik #Ormas Islam #Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar