Mega, Prabowo, SBY Diprediksi Jadi 'King Maker' Pilpres 2019

Politikus PKB sekaligus anggota komisi VIII DPR, Maman Imanulhaq (foto/arah/shemi)

Arah -Politikus PKB sekaligus anggota komisi VIII DPR, Maman Imanulhaq meyakini para Ketua Umum (Ketum) beberapa partai besar di Indonesia seperti PDI-P, Gerindra dan Demokrat tidak akan maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 nanti.

"Pertarungan sejati terjadi pada 2019. Kenapa pertarungan sejati, karena ada beberapa orang yang tidak akan mencalonkan lagi seperti Mega, Prabowo, SBY," kata Maman di D'Hotel, Menteng, Jakarta, Minggu (30/7).

Maman menyebut sosok Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto hanya akan berperan sebagai pengusung calon presiden atau Kings Maker.

"Mereka cukup Kings Maker. Muncul anak-anak muda sebagai untuk melawan Jokowi. Siapa lawan Jokowi menarik sebenernya," ujarnya.

Baca Juga: Hadapi Pilpres 2019, Pengamat: Gerindra-Demokrat Bentuk Koalisi
Pertemuan Prabowo-SBY Jadi Manuver Gerindra di Pilpres 2019

Maman juga menyebut pasca penetapan RUU Pemilu Presidential Treshold mencapai 20% kursi di DPR, kemungkinan calon presiden mencapai 4 pasang masih sangat memungkinkan.

"Pertarungan di RUU Pemilu jadi fenomena tersendiri beberapa partai memblok ke pemerintah. Tetapi kita mengarah ke demokrasi substansial. 20 sampai 25 persen itu masih bisa dua sampai empat calon," jelasnya.

Dalam pengesahan RUU Pemilu, DPR melakukan aklamasi untuk memilih opsi paket A. Paket A terdiri dari presidential threshold 20 persen kursi atau 25 persen suara nasional, parliamentary threshold 4 persen, sistem pemilu terbuka, metode konversi suara sainte lague murni, dan jumlah kursi per daerah pemilihan 3-10. (Shemi) 

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Prabowo akan Bertemu SBY, Begini Reaksi Jokowi Prabowo akan Bertemu SBY, Begini Reaksi Jokowi
 Ini Sikap PAN Terkait Pertemuan SBY-Prabowo di Cikeas Ini Sikap PAN Terkait Pertemuan SBY-Prabowo di Cikeas
Pilpres 2019 Diprediksi Jadi Pertarungan Jokowi-Prabowo Pilpres 2019 Diprediksi Jadi Pertarungan Jokowi-Prabowo

#pilpres 2019 #Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri #Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) #Prabowo Subianto #calon presiden #presiden joko widodo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar