Kemenkes Antisipasi Kesehatan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek Antisipasi Kesehatan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi/arah.com/Dini

Arah - Menjelang musim ibadah haji, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan sejumlah langkah antisipasi agar jamaah haji Indonesia mampu menjalankan ibadah dengan lancar ditengah kondisi cuaca musim panas di Arab Saudi.

"Karena musim haji akan dimusim panas, jadi memang peserta haji ini diperiksa kesehatannya 1 tahun sebelumnya," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat ditemui di bundaran Hotel Indonesia, Thamrin, Jakarta Selatan, Minggu (30/7).

Kemenkes meminta para calon jamaah haji untuk memeriksakan diri dirumah sakit atau klinik sekitar, karena pada menurut Nila ibadah haji bukanlah tentang kemampuan materi semata, akan tetapi kesehatan juga diperhatikan kemampuannya.

"Ibadah hajinya bukan hanya mampu uang tapi juga mampu fisik, jadi kita peratikan," terangnya.

Baca Juga: Pilpres 2019 Diprediksi Jadi Pertarungan Jokowi-Prabowo
Novel Pesimis Polisi Berani Ungkap Kasusnya, Ini Jawaban Polri

Ditengah perkiraan musim panas yang akan berlangsung pada musim haji, dimana ibadah haji juga merupakan ibadah fisik yang cukup berat ditambah dengan udaranya, maka Kemenkes dan Kementerian Agama melakukan sejumlah koordinasi dengan negara Saudi Arabia.

"Kita juga meminta mereka (Saudi Arabia) untuk memperhatikan, misalnya heatstroke, air zam-zamnya kita minta dalam keadaan dingin dan juga disiramkan ke badan jemaah haji," katanya.

Tidak hanya itu, terkait tenda persinggahan ibadah haji Indonesia, Kemenkes juga mengklaim telah memiliki sumur berikut tim kesehatan yang berjaga-jaga.

"Tenda yang baru ini ada sumurnya, dan dari tim kesehatan, kami punya tim gerak cepat, artinya kita selalu mengingatkan kepada jemaah kebersihan dan tidak lupa meminum air untuk menghindari heatstroke," pungkasnya. (Dini Afrianti)

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Ini Cara Ampuh Cegah 'Heat Stroke' Saat Menjalankan Ibadah Haji Ini Cara Ampuh Cegah 'Heat Stroke' Saat Menjalankan Ibadah Haji
Selesaikan Masalah Haji, Iran Buka Perundingan dengan Arab Saudi Selesaikan Masalah Haji, Iran Buka Perundingan dengan Arab Saudi
Gaet Wisatawan, Arab Saudi Buat ‘Karpet’ dari 800 Ribu Bunga Gaet Wisatawan, Arab Saudi Buat ‘Karpet’ dari 800 Ribu Bunga

#Jemaah Haji #Kemenkes #Arab Saudi #Ibadah Haji #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar