Utang Pemerintah Makin Banyak, Ini Alasan Menteri Darmin

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah) serta Menko Polhukam Luhut Pandjaitan (kanan). (Dok.Antara)

Arah - Menteri Koordinator Perekonomian (Menko) Darmin Nasution mengatakan tidak terlalu mempedulikan banyaknya utang pemerintah saat ini. Ia mengatakan jika hanya berdiam, pemerintah tetap harus membayar utang yang telah ada dari pemerintah sebelum-sebelumnya.

"Soal utang enggak bikin apa-apa kita harus bayar utang banyak. Bukan pemerintahan ini saja yang bikin itu tapi udah ada dari sebelumnya," kata Darmin di aula Kementerian Keuangan, Jakarta (1/8).

Ia meminta publik tidak membesarkan masalah utang tersebut dan mengatakan fokus pemerintah adalah terus melakukan pembangunan menggunakan alokasi utang tersebut.

"Oleh karena itu cara mengukurnya adalah jangan karena naik utang dianggap sudah masalah besar. Yang penting utang dipakai untuk menggerakkan bangun infrastruktur, industri dan lain-lain," jelasnya.

Alokasi utang pemerintah, lanjutnya dilakukan khususnya untuk pembangunan infrastrukur. Ia menilai bidang infrastruktur Indonesia masih jauh tertinggal dibanding negara lain.

[baca_juga]

"Pemerintah tidak hanya fokusnya itu infrastruktur walaupun pemerintah mengutamakan infrastruktur.  Kenapa? Karena memang itu yang paling tertinggal di kita," tutupnya.

Hingga Juni 2017, posisi utang pemerintah pusat sebesar Rp3.706,52 triliun. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, jumlah utang pemerintah tersebut terakumulasi sebesar Rp1.097,74 triliun dibanding posisi di akhir Mei 2014 sebesar Rp2.608,78 triliun.

Tambahan utang tersebut dialokasikan untuk belanja infrastruktur, kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, dana alokasi khusus (DAK) fisik dan dana desa. (Shemi)

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet? Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?
Hutang Lagi! Ini Jumlah Pinjaman Indonesia Tahun 2017 Hutang Lagi! Ini Jumlah Pinjaman Indonesia Tahun 2017
Pemerataan Ekonomi, Ini Permintaan Jokowi ke Menko Pemerataan Ekonomi, Ini Permintaan Jokowi ke Menko

#Kemenko Perekonomian #Darmin Nasution #Utang Negara #Infrastruktur #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar