Pimpin Upacara HUT RI, Fahri: Legislatif Kuat, Negara Kuat

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menjadi inspektur upacara HUT ke-72 RI di DPR. (Foto: @Fahrihamzah)

Arah -  Perhatian masyarakat tersita ke upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta. Meski demikian seperti juga institusi negara lainnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga menggelar prosesi serupa.

Dalam upacara di gedung DPR, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam pidatonya, Fahri mengatakan lembaga legislatif memiliki peran penting untuk bangsa.

"Selain ikut mendorong dan menggerakan para pejabat dan organisasi negara untuk melakukan amandemen terhadap konstitusi, legislatif juga ikut mengembangkan otonomi daerah, menghentikan dwi fungsi angkatan bersenjata dan mengembangkan otonomi yang seluas-luasnya," kata Fahri saat menyampaikan amanat upacara di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/8).

Baca Juga: 72 tahun merdeka, Begini Pencapaian Parlemen Membangun Negeri
Warga Padati Monas Saksikan Kirab Bendera Pusaka
Canggihnya, Seniman Ini Bikin Miniatur Ukuran Mikroskopis

Dia menambahkan, legislatif memiliki peran yang tidak kalah pentingnya untuk bangsa ini. "Karena bangsa tanpa legislatif yang kuat, maka kita akan menyaksikan bangsa yang timpang.” Gedung Parlemen, lanjutnya, adalah satu simbol dari lahirnya demokrasi dan kebebasan.

“Kita menikmati pada hari ini kebebasan ada pada seluruh rakyat kita pada seluruh komponen bangsa kita. Hingga setiap anak bangsa Indonesia yang lahir, dia mengerti, dia bisa menjadi apapun yang dia inginkan tanpa diskriminasi terhadap apa yang dia bawa dari lahir,” tambahnya.

Menurut Pimpinan DPR Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Kokesra) itu, satu bangsa yang berjalan tanpa mendengar kemauan dan menghargai daulat rakyat, bisa disebut belum bebas.

Berita Terkait

Pembangunan yang Dibiayai Utang Harus Punya Dampak Luas Pembangunan yang Dibiayai Utang Harus Punya Dampak Luas
KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis KPI Siap Pasang Badan Jamin Perlindungan terhadap Jurnalis
Di Sidang Ahok, Fahri Hamzah Takjub dengan Ma'ruf Amin Di Sidang Ahok, Fahri Hamzah Takjub dengan Ma'ruf Amin

#DPR #Fahri Hamzah #HUT RI #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar