Penyelamat Sang Saka Merah Putih, Ternyata Cucu Rasulullah

Husein Muthahar, pencipta lagu 'Hari Merdeka' dan penyelamat Sang Saka Merah Putih. (Foto: pramuka.blogspot.com)

Arah -  Puncak peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, baru saja usai pada Kamis (17/8). Salah satunya adalah upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta, dengan mengibarkan duplikat bendera Sang Saka Merah Putih.

Bendera asli Sang Saka Merah Putih, hasil jahitan istri Presiden Soekarno, Fatmawati, sudah rapuh sehingga tak mungkin dikibarkan. Meski demikian, Sang Saka Merah Putih masih tersimpan dan dirawat baik. Setiap menjelang upacara, bendera itu diarak dari tempat penyimpanannya di Monas ke Istana Merdeka.

Di balik kisah Sang Saka Merah Putih ini, banyak yang tak tahu bahwa ada peran seorang sosok cucu Rasulullah Muhammad SAW yang menyelematkannya. Tanpa peran dia, mungkin Sang Saka Merah Putih sudah raib disita Belanda pada masa agresi militer keduanya di tahun 1948.

Dialah Sayyidil Habib Muhammad Husein Muthahar atau biasa dikenal H. Mutahar. Akibat agresi militer Belanda kedua, para pemimpin negara yaitu duet Soekarno-Hatta terpaksa mengungsi dan mengalihkan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Yogyakarta. Saat itulah Husein Muthahar, selaku pegawai tinggi Sekretariat Negara mendapat perintah dari Soekarno untuk menyelamatkan Sang Saka Merah Putih.

Demi menyelamatkan lambang negara itu dari sitaan Belanda, Muthahar pun melepas jahitan tengah bendera sehingga kain warna merah dan putih terpisah sementara. Sang Saka Merah Putih yang sudah disamarkan itu pun dibawa dari Yogyakarta ke Jakarta, hingga selamat hingga kini setelah jahitannya disatukan kembali.

Keturunan Putra Rasulullah Hasan bin Ali

Berita Terkait

Ikuti Jejak Rasul, Zaskia Adya Mecca Serius Berdagang Ikuti Jejak Rasul, Zaskia Adya Mecca Serius Berdagang
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#HUT RI #rasulullah saw #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar