Indonesia Minta Malaysia Investigasi Insiden Bendera Terbalik

Warna bendera Indonesia dicetak terbalik menjadi putih-merah dalam buku panduan Sea Games ke-29 Malaysia, yang dibagikan di acara pembukaan, Sabtu (19/8). Fakta yang mengecewakan ini diunggah di akun twitter Menpora Imam Nahrawi. (Foto: twitter.com/ @imam_nahrawi)

Arah -  Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta pemerintah Malaysia menginvestigasi secara mendalam insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia.

Tak hanya itu, Abdul Kharis menyesalkan kejadian bendera Indonesia yang tercetak terbalik dalam buku SEA Games 2017 di Malaysia karena merupakan kesalahan fatal.

"Kami meminta Malaysia segera melaksanakan investigasi mendalam dan di sampaikan kepublik siapa dan mengapa sampai terjadi kesalahan fatal di ajang internasional yang sudah berkali-kali kita lakukan bersama," kata Abdul Kharis di Jakarta, Senin (21/8).

Politisi PKS itu menilai investigasi penting dilakukan karena bukan hanya sekadar permintaan maaf saja karena harus dibuka ke publik agar jelas apakah kejadian itu merupakan kesengajaan atau bukan.

"Memang pemerintah kita masih menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia. Menpora Malaysia juga sudah minta maaf, tapi semua harus dibuka ke publik agar hal ini jelas kesengajaan atau bukan," kata Abdul dikutip Antara.

Baca Juga: DPR Apresiasi Pembangunan Infrastruktur yang Dilakukan Pemerintah
Mentan ingin Kembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Namun Abdul Kharis juga meminta masyarakat Indonesia jangan bereaksi berlebihan dalam menyikapinya dan berharap masyarakat tetap tenang.

Dia meminta masyarakat menunggu langkah serius pemerintah Malaysia menuntaskan masalah ini dan agar kita juga menyikapinya dengan tenang dan tetap fokus mendukung kesuksesan timnas Indonesia di SEA Games.

"Kita percayakan langkah diplomasinya kepada Menlu Retno Marsudi untuk menindaklanjuti pembicaraannya dengan Menlu Malaysia serta kita tunggu jawaban nota diplomatik yang sudah dikirim oleh KBRI Kuala Lumpur," pungkasnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara
Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’ Akibat Ojek Online, Pejabat Malaysia Sebut Jakarta ‘Terbelakang’
PBB Minta Malaysia-Korea Utara Selesaikan Masalah dengan Tenang PBB Minta Malaysia-Korea Utara Selesaikan Masalah dengan Tenang

#Wisma Atlet Sea Games Palembang #Malaysia #Anggota DPR RI #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar