Terkuak Rahasia Kemampuan Paus Menahan Nafas di Laut

Sejumlah warga bermain bersama Hiu Paus di Desa Botu Barani, Gorontalo. ( ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Arah -  Selama ini banyak ahli biologi kelautan yang bingung dengan kemampuan mamalia laut, paus dan lumba-lumba, menahan nafas di dalam air  hingga mencapai 1 jam.

Tapi, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa rahasia dari kemampuan manahan nafas paus dan lumba-lumba itu terdapat di dalam darahnya.

Melansir Science Recorder, Selasa (29/8), enam peneliti bilogi kelautan dari Universities of Liverpool, Winnipeg, dan Alaska, menemukan darah dari mamalia laut itu mengandung protein (hemoglobin) yang sangat efektif dalam menyimpan oksigen.

Menurut Michael Berenbrink, peneliti dari Universities of Liverpool, hemoglobin dalam aliran darah mamalia cenderung menggumpal. Uniknya, hemoglobin tersebut berbentuk muatan positif yang dapat menyatu dengan molekul lainnya di dalam tubuh.

Baca Juga: Satelitnya Bermasalah, Ini yang Dilakukan Telkom
Astronot Jepang Kagum Lihat Indonesia dari Luar Angkasa

"Hemoglobin mamalia laut sangat berperan penting untuk menjaga oksigen tetap di dalam darah dalam waktu yang lama," kata Berenbrink.

Selain itu, Berenbrink menjelaskan, berbeda dengan manusia yang memiliki banyak pembuluh darah, mamalia hanya memiliki sedikit pemburuh darah.

"Banyaknya pembuluh darah juga berpengaruh terhadap kelancaran aliran hemoglobin yang mengandung oksigen. Dengan sedikitnya pembuluh darah, maka oksigen dapat mengalir lancar tanpa tersumbat oleh pembuluh darah," jelas Berenbrink.

Penemuan terbaru ini memunculkan inovasi baru untuk dunia medis manusia. Hemoglobin mamalia laut yang memiliki kandungan oksigen yang besar dapat digunakan untuk pengobatan manusia.

Berita Terkait

Terkuak, Ini yang Bikin Kucing dan Anjing Suka Dibelai Terkuak, Ini yang Bikin Kucing dan Anjing Suka Dibelai
3 Penelitian 'Aneh' Ini Dijamin Bikin Tepok Jidat 3 Penelitian 'Aneh' Ini Dijamin Bikin Tepok Jidat
Ini Tampang Manusia Jika Berumur 700 Tahun Ini Tampang Manusia Jika Berumur 700 Tahun

#Paus #Penelitian #Riset/ Penelitian Ilmiah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar