Seorang Wanita Menjadi Buta Karena Lupa Lepas Lensa Kontak

ilustrasi penggunaan contact lens (shutterstock).

Arah - Lensa kontak lumrah digunakan untuk membantu pengelihatan seseorang yang mengalami kelainan baik rabun dekat atau rabun jauh. Namun kasus berbeda dialami wanita asal China. Bukannya berhasil sembuh dari kelainan, ia malah menjadi buta karena menggunakan lensa kontak.

Wanita bernama Chen (21), dilaporkan menderita luka permanen di matanya setelah dia tidur dengan lensa kontaknya selama lima bulan yang panjang, menurut Sinchew seperti dikutip dari World of Buzz. Chen mulai menggunakan lensa kontak pada bulan Maret. Setelah hanya satu bulan, dia malas melepas setiap malam, dia memutuskan untuk tetap memakainya saat tidur. Ia terus melakukannya selama lima bulan lamanya.

Ketika ia terbangun suatu pagi, ia menyadari bahwa mata kanannya telah buta. Tentu saja, Chen panik dan bergegas ke rumah sakit untuk meminta bantuan.

Baca Juga: Begini Jadinya Jika 27 Lapis Lensa Kontak Bersarang di Mata
5 Cara Mengobati Infeksi Mata Secara Alami

Setelah diperiksa, dokter menemukan lapisan 'zat' tipis  di permukaan bola mata Chen. Zat tersebut kemudian diidentifikasi sebagai lensa kontaknya. Lebih buruk, adalah bahwa zat itu 'bergabung' dengan bola matanya, sehingga membuat korneanya kemerahan dan bengkak.

Selain itu, dokter juga menemukan 'lubang' seukuran kacang hijau di pupilnya. Ketika ditanya tentang apakah dia memakai lensa kontak sebelumnya, dia membantah, "Itu tidak mungkin! Saya tidak memakai lensa kontak baru-baru ini!"

Namun, dokter dengan hati-hati mengambil dua lensa dari matanya, yang membuat dia terdiam.

Setelah berpikir keras, dia ingat bahwa lima bulan yang lalu, dia memakai sepasang lensa kontak, yang tetap bertahan sejak saat itu. Akibatnya, mata kanannya menjadi benar-benar buta karena 'lubang' pada kornea kanannya. Satu-satunya cara untuk mengembalikan visinya adalah melalui transplantasi kornea.

Beruntung, mata kirinya tetap tidak terluka setelah dua minggu menjalani perawatan anti radang. Dokter juga menyarankan agar dia tidak memakai lensa kontak apapun selama lebih dari enam jam sehari dan harus segera dikeluarkan sebelum tidur.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri
Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan

#lensa kontak #kesehatan mata #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar