Ini Anjuran Rasulullah Jika Mengantuk Saat Salat

Salat Berjamaah (Foto: Pixabay.com)

Arah - Iktikaf adalah berdiam diri di masjid untuk memfokuskan diri beribadah kepada Allah SWT. Seseorang yang beriktikaf dengan membaca Alquran, dzikir, istighfar, salawat, salat sunnah, doa, dan hal positif lainnya.

Namun apakah seseorang boleh tidur ketika melakukan Iktikaf?

Tidak mengapa seseorang yang iktikaf tidur di masjid. Karena tidak mungkin seseorang bisa beribadah dengan baik tanpa istirahat yang cukup.

Hal ini sesuai hadits Rasululah bahwa bagi orang yang mengantuk ketika salat untuk tidur terlebih dahulu. Janganlah ia salat dan berdoa dalam keadaan mengantuk, karena bisa saja tanpa sadar ia bermaksud berdoa namun justru mencela diri sendiri.

Bisa saja ia bermaksud memohon ampunan namun keliru memohon adzab karena rasa kantuk yang sangat. 

“Jika salah seorang dari kalian mengantuk ketika salat, hendaknya ia tidur (dulu) hingga hilanglah perasaan kantuknya. Karena jika ia salat dalam keadaan mengantuk, ia tidak tahu mungkin saja ia memohon ampunan namun ternyata ia mencela dirinya sendiri.” (H.RBukhari dan Muslim) 

Seseorang di 10 hari terakhir Ramadhan hendaknya mampu memanajemen waktunya dengan baik. Bagi yang beriktikaf, ia lebih banyak tidur di siang hari, agar malam harinya mampu melakukan Iktikaf dengan baik. (Andik)

Berita Terkait

Suka Kencing Sembarangan? Ternyata Begini Siksa Kuburnya Suka Kencing Sembarangan? Ternyata Begini Siksa Kuburnya
Enam Jenis Olahraga yang Diajarkan Rasulullah Enam Jenis Olahraga yang Diajarkan Rasulullah
Tips Mengajarkan Puasa Kepada Anak Tips Mengajarkan Puasa Kepada Anak

#arahramadan #salat #Tausiyah #Ramadan 1437 H #ibadah #Itikaf

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar