Lewat IKKON Bekraf Tinggkatkan Industri Kreatif Lokal

Mengembangkan potensi batik di Desa Jono, Bojonegoro. (foto: Istimewa).

Arah -  Untuk meningkatkan daya saing industri kreatif lokal, Badan Ekonomi Kreatif, melalui program IKKON (Inovatif dan kereatif melalui kolaborasi nusantara) berkolaborasi dengan para pengrajin yang ada di Bojonegoro, Jawa Timur.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengangkat potensi tersembunyi dari industri kreatif yang ada di Bojonegoro, dan menjadikannya suatu kebanggan untuk masyarakat Bojonegoro. “Harapannya kolaborasi produk ini dapat mengangkat spirit kekinian dan kebanggaan masyarakat Bojonegoro,” kata Kristian Oentoro, Desainer Produk IKKON Bojonegoro.

Yanna Diah Kusumawati, Mentor Ikkon Bekraf Bojonegoro, mengatakan Dalam menggali potensi Industri Kreatif yang ada di Bojonegoro, Badan Ekonomi Kreatif mengunjungi daerah-daerah Bojonegoro untuk menemui para pengrajin lokal dan mendorong mereka mengembangkan produk yang sudah ada tanpa menghilangkan karakter dari produk tersebut. Produk kerajinan tersebut adalah kerajinan gerabah di Desa Rendeng,kerajinan onyx di Desa Jari, batik "jonegoroan" di sejumlah kecamatan, kerajinan anyaman pandan di Desa Tondomulo, dan kerajinan limbah jati, di Desa Sukorejo.

Baca Juga: Ketika Tunarungu Berkenalan dengan Tuhan
Delman Tak Lagi Istimewa, Kian Tersisih oleh 'Kuda Besi'

"Kami mendorong mereka mengembangkan produk yang sudah ada tanpa menghilangkan karakter mereka. Selama ini kami juga selalu didukung dan difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Selain Bojonegoro ditahun 2017 ini daerah yang menjadi garapan IKKON Bekraf yaitu Banyuwangi, Banjarmasin, Belu, dan Toraja Utara.

Berita Terkait

Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?

#Bekraf #Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) #bojonegoro #kerajinan #industri kreatif #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar