Optimalkan Penerimaan Pajak, BRI Perkuat Layanan Samsat Online

Direktur Institution Bank BRI Sis Apik Wijayanto (kanan) menandatangani perjanjian kerjasama penerapan Layanan Samsat Online Nasional di Jakarta, Kamis (7/9). Kepolisian RI menggandeng Bank BRI dalam memberikan layanan Samsat Online untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran kewajiban secara non tunai melalui jaringan unit kerja BRI yang mencapai 10.656 kantor dan 280.565 jaringan e-channel. (Foto: bri.go.id)

Arah -  PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali berkomitmen dalam mendukung pemerintah untuk mengoptimalkan penerimaan pembayaran pajak melalui layanan Samsat Online Nasional. Bank BRI bersama dengan anggota Himpunan Bank-Bank Negara (HIMBARA), Bank Pembangunan Daerah, dan Bank Swasta lainnya bekerja sama dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) mengenai Layanan Samsat Online Nasional, Kamis (7/9).

Bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, penandatanganan MoU dan PKS dilakukan antara Tim Pembina Samsat Nasional, Direktur HIMBARA, Gubernur Wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Bali, Banten, dan Gubernur DKI Jakarta, Direktur Bank Pembangunan Daerah, serta Direktur Bank Swasta.

“Penandatanganan MoU dan PKS  ini merupakan hal yang membanggakan karena Bank BRI dapat berperan aktif guna mendukung pelayanan publik dalam penerimaan pajak maupun Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Indonesia,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso.

Baca Juga: Peringati Hari Pelanggan, Direksi BRI Langsung Temui Nasabah
Soal Kenaikan Biaya STNK dan BPKB, ini Komentar BPK
Ditanyai Pernikahan Raisa-Hamish, ini Jawaban Kocak Ditjen Pajak

Hari Siaga menyatakan bahwa peran BRI dalam mendukung layanan Samsat Online Nasional melalui berbagai jaringan e-channel BRI semakin memudahkan masyarakat untuk menghemat waktu dan jarak karena masyarakat cukup mendatangi e-channel terdekat BRI dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sehingga masyarakat lebih mengefisienkan biaya dan waktu.

Untuk tahap awal, Samsat Online Nasional dikembangkan pada seluruh provinsi se-Jawa dan Bali. Selanjutnya pengembangan dilanjutkan untuk layanan Samsat Online Nasional di seluruh wilayah Indonesia.

Samsat Online Nasional bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), serta Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran yang dilakukan melalui jaringan e-channel Bank BRI. Dengan terobosan ini, diharapkan masyarakat dapat menyelesaikan pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat, praktis dan murah.

Dengan jumlah jaringan yang tersebar dan terbesar di Indonesia, Bank BRI dapat memberikan keleluasaan layanan perbankan bagi instansi pemerintah maupun masyarakat luas. Bank BRI berkomitmen untuk senantiasa mendukung penerimaan pajak daerah dan memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran pajak baik secara konvensional yakni melalui teller maupun  secara modern yakni melalui ratusan ribu jaringan e-channel.

Hingga 31 Juni 2017 jumlah jaringan BRI yakni 10.656 unit kerja dan ratusan ribu jaringan e-channel BRI diantaranya Electronic Data Capture (EDC) sebanyak 254.314, Automatic Teller Machine (ATM) sebanyak 24.802 CRM sebanyak 1392, dan E-Buzz sejumlah 57.

Berita Terkait

Dirut BRI Diisi 'Orang Lama', Gantikan Asmawi Syam Dirut BRI Diisi 'Orang Lama', Gantikan Asmawi Syam
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat Hasil Survei: Elektabiltas Ahok-Djarot Melambung Pasca Debat

#Bank BRI #Samsat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar