Soal Rohingya, OKI Belum Beraksi Apa-apa

Pengungsi Rohingya berjalan di jalan berlumpur setelah menyebrangi perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh, Minggu (3/9). (Foto: Antara/ REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

Arah -  Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hajriyanto Y Thohari mengatakan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) belum terlihat sepak terjangnya dalam konflik kemanusiaan terhadap etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

"Kita belum mendengar apa yang dilakukan OKI terhadap adanya penyiksaan dan pembataian etnis Rohingya," kata Hajriyanto di acara Pengajian Bulanan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta, Jumat.

Bahkan menurut dia, belum ada pertemuan setingkat menteri luar negeri sekalipun di lingkaran OKI.

Dia mengatakan istilah OKI dalam bahasa Inggris disingkat OIC yang dapat dibaca dengan pelafalan persamaan suara "oh I see yang jika diterjemahkan artinya "oh aku melihatnya (ada konflik Rohingya)".

Baca Juga: Suu Kyi: Myanmar Berusaha Lindungi Penduduk di Daerah Konflik
Tahu Wartawan yang Mewawancarainya Muslim, Suu Kyi Berang
Menlu RI Temui Suu Kyi, ini Solusi Pemerintah untuk Rohingya

Dengan kata lain, kata dia, anggota-anggota OKI sekedar melihat konflik Rohingya tanpa berusaha melakukan tindakan nyata dalam konflik kemanusiaan di negara bagian Myanmar termiskin, Rakhine.

Di sisi lain, Hajriyanto justru melihat organisasi multinegara lain, dengan Indonesia di dalamnya, sudah bergerak untuk Rohingya yaitu Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB).

Dia mengatakan di tingkat negara anggota ASEAN sudah berupaya mengatasi konflik Rohingya lewat kewenangan organisasi tersebut dengan Myanmar sebagai anggota.

Terdapat lobi-lobi diplomatik antaranggota ASEAN untuk membahas aksi penyelesaian konflik Rohingya meski hasilnya hingga saat ini belum membanggakan, kata dia.

Sementara lewat PBB, kata dia, telah dilakukan pembentukan tim pencari fakta di Myanmar guna mengusut dugaan pelanggaran HAM di negara mayoritas etnis Burma itu terhadap Rohingya. 

Berita Terkait

DPR: Myanmar Harus Hentikan  Kekerasan Terhadap Rohingya DPR: Myanmar Harus Hentikan Kekerasan Terhadap Rohingya
Myanmar Kirim Pasukan Baru ke Rakhine, Peringatan PBB Diabaikan Myanmar Kirim Pasukan Baru ke Rakhine, Peringatan PBB Diabaikan
DPR Akan Bawa Tragedi Rohingnya ke Forum Parlemen Dunia DPR Akan Bawa Tragedi Rohingnya ke Forum Parlemen Dunia

#Rohingya #Myanmar #Muhammadiyah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar