Untuk Pertama Kali, KPK Periksa Setnov Sebagai Tersangka E-KTP

Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) di Gedung Parlemen DPR. (Foto/arah.com/Restu)

Arah -  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Senin (11/9) hari ini menjadwalkan pemeriksaan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi KTP elektronik (e-KTP). Ini merupakan pemeriksaan pertama Ketua Umum Partai Golkar itu, sejak ditetapkan sebagai tersangka pada 17 Juli 2017 lalu.

Sebelumnya, KPK telah beberapa kali memeriksa Setya Novanto dalam kapasitasnya sebagai saksi di perkara yang sama.

Jurubicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan, surat panggilan untuk Novanto sudah dikirimkan Rabu (6/9) lalu. “KPK akan menunggu kehadirannya. Publik dapat menilai kepatuhan hukum karena surat pemanggilan sudah disampaikan secara patut,” katanya.

Terkait kemungkinan KPK melakukan penahanan terhadap Novanto, Febri enggan berspekulasi soal hal itu. “Kami bicara pemeriksaan dulu,” ujarnya.

Baca Juga: KPK 'Digempur' Pansus, Jokowi: Saya Tak Akan Biarkan!
Setya Novanto Lawan KPK Lewat Praperadilan
KPK Periksa 5 Saksi Tersangka Setya Novanto Kasus Korupsi e-KTP

Dalam kasus korupsi e-KTP yang merugikan negara sebesar Rp2,3 triliun, KPK telah menetapkan 4 tersangka. Yaitu dua orang pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto, Andi Agustinus alias Andi Narogong yang berasal dari pihak swasta, serta Setya Novanto. Ketiga tersangka pertama telah disidangkan di pengadilan tindak pidana korupsi.

Untuk melengkapi berkas pemeriksaan Setya Novanto, KPK telah memeriksa lebih dari 100 saksi. Dalam berbagai kesempatan Novanto yang saat ini menjabat Ketua DPR membantah keterlibatannya dalan kasus korupsi e-KTP. Terhadap penetapannya sebagai tersangka, dia telah mengajukan gugatan pra-peradilan yang akan mulai disidangkan Selasa (12/9) besok.

Berita Terkait

Banyak 'Bolongnya', Pakar Hukum Bedah Dakwaan Kasus E-KTP Banyak 'Bolongnya', Pakar Hukum Bedah Dakwaan Kasus E-KTP
Sasar Anak Muda, Relawan 'Gojo' Siap Dukung Jokowi Sasar Anak Muda, Relawan 'Gojo' Siap Dukung Jokowi
LSM: Fahri Hamzah dan Setya Novanto 'Kongkalikong' Demi Jabatan LSM: Fahri Hamzah dan Setya Novanto 'Kongkalikong' Demi Jabatan

#kpk #Setya Novanto #E-KTP #Korupsi e-KTP #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar