Mana Lebih Populer di Indonesia, BBM atau WhatsApp?

Aplikasi pesan instan. (Foter/microsiervos)

Arah -  BlackBerry Messenger atau (BBM) mendominasi pasar platform pesan instan (instant messaging) di Indonesia lebih dari setengah dekade terakhir. Namun, WhatsApp Messenger semakin menuai popularitas, terlebih sejak konsumen di Tanah Air beralih meninggalkan perangkat BlackBerry ke iPhone dan Android.

Tapi, apakah WhatsApp kini menjadi aplikasi pesan instan yang lebih populer dari BBM?

Jawabannya, tidak. Ternyata, BBM sampai hari ini masih mendominasi pasar Indonesia sebagai platform pesan instan terpopulaer dan paling banyak digunakan.

Menurut data terbaru Global Web Index, per Januari 2016, BBM masih dominan di mana 19 persen pengguna ponsel masih menginstal aplikasinya di ponsel mereka.

Artinya, jika menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna ponsel yang terhubung ke Internet sejumlah 66 juta, maka setidaknya ada sekitar 12,5 juta orang (19%) yang masih menginstal aplikasi BBM.

BBM lebih populer dibandingkan WhatsApp (14%), Facebook Messenger (13%), Line (12%), dan WeChat (8%).

Dalam temuan yang sama, diketahui pengguna ponsel di Tanah Air menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 33 menit sehari untuk mengakses Internet, dan 2 jam 51 menit di antaranya membuka media sosial.

Berita Terkait

Hadirkan Emoticon LGBT, Twitter dan LINE Dikecam di Indonesia Hadirkan Emoticon LGBT, Twitter dan LINE Dikecam di Indonesia
Naik Dua Kali Lipat, Pengguna WhatsApp Tembus 1 Miliar Naik Dua Kali Lipat, Pengguna WhatsApp Tembus 1 Miliar
Resmi, Pengguna Aktif WhatsApp Tembus 1 Miliar Resmi, Pengguna Aktif WhatsApp Tembus 1 Miliar

#BlackBerry Messenger (BBM) #WhatsApp #BlackBerry Messenger #BlackBerry #LINE Messenger #WeChat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar