Jangan Kosongkan Kandung Kemih Seblum Aktivitas, Ini Alasannya..

Ilustrasi Toilet Umum. (Foto: Shutterstock)

Arah - Beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan oleh seseorang sebelum melakukan aktivitas baik saat bekerja atau sekedar keluar rumah mencari hiburan ialah mengosongkan kandung kemih dengan buang air kecil. Malah terkadang agar tidak repot mencari tolilet di ruang publik, banyak yang memaksakan buang air kecil ataupun tak mengonsumsi air.

Padahal, aktivitas seperti itu justru bukanlah solusi yag bak bagi kesehatan manusia. Dilansir dari laman Independent UK, untuk diketahui manusia normal memiliki batas normal pergi ke toilet 4 sampai 10 kali dalam sehari. Konsultan Urologi dari Prostate Center di London, Profesor Kirby, menyebut kandung kemih dapat menyimpan air sebanyak 300 mililiter (ml) sampai 400 mililiter dari 2 liter air yang dikonsumsi dalam sehari.

Selain Prof. Kirby, spesialis fisioterapi klinis, Diane Wooton mengatakan kebiasaan mengosongkan kandung kemih memang bahaya untuk kesehatan. "Artinya, kandung kemih seseorang tidak sering berada pada tingkat normal yang dapat menampung lebih dari 200 ml karena sering dikosongkan," kataya dikutip Daily Mail.

Wootton mengaku, dirinya pernah menemui pasien yang harus pergi ke toilet sebanyak 22 kali karena kebiasaan tersebut. Yang dibutuhkan untuk mengurangi kebiasaan tersebut adalah dengan memberikan latihan kepada kandung kemih.

"Jika tidak diregangkan maka hal itu akan melemahkan dan mengakibatkan seseorang ke toilet sepanjang waktu," tuturnya.

Baca Juga: Facebook Hadirkan Fitur Donor Darah di India
Sepekan Dirilis, iOS 11 Diunduh 25 Persen Pengguna Apple Dunia

Sementara itu, latihan itu dapat dilakukan dengan memberi jarak yang cukup jauh untuk ke kamar mandi. Dengan demikian, kandung kemih dapat diregangkan sehingga kebiasaan itu akan hilang sedikit demi sedikit. Selain itu, Wootton menilai, seseorang dapat mengurangi asupan air ke dalam tubuh sebelum tidur.

Dia juga menyarankan untuk mengurangi konsumsi minuman kafein seperti kopi, teh, minuman bersoda dan minuman alkohol. Hal itu dapat mengiritasi kandung kemih yang mendorong untuk lebih sering buang air kecil. Namun, latihan untuk menjaga kandung kemih tidak boleh dilakukan dengan berlebihan.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq Langsung Orasi Usai Diperiksa, Gema Takbir Iringi Habib Rizieq

#kesehatan #kertas toilet #Toilet #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar