Jokowi: Perempuan Mampu Kompetitif Bangun Perdamaian

Tidak hanya takbiran, Presiden Jokowi rencananya akan melaksanakan Solat Ied Idul Adha 1438 H di Lapang Merdeka Kota Sukabumi dan memantau prosesi penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung.

Arah - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kaum perempuan di Indonesia merupakan kunci perdamaian mulai dari lingkup kecil hingga besar. Jokowi menilai perempuan bisa sangat kompetitif dalam turut serta membangun bangsa.

"Memang perempan dan ibu-ibu berperan penting, mereka bisa jadi kunci perdamaian baik scope kecil di keluarga, kemudian di wilayah Kabupaten, dan lebih besar Provinsi, negara dan global," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya pada peringatan Hari Perdamaian Internasional di Kabupaten Sumenep, JawaTimur, Minggu (8/10).

Jokowi menambahkan, perdamaian tidak bisa dipaksakan tapi harus ditumbuhkan dan para perempuan bisa berperan di dalamnya. Pada acara peringatan Hari Perdamaian, di Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk yang dihadiri oleh Direktur Wahid Foundation Yenny WAhid dan pemimpin UN Woman itu, Jokowi juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan 519 Kabupaten.KOta, 34 Provinsi, 1,00 bahasa, dan ragam budaya.

Baca Juga: Hakim Agung Usulkan Evaluasi Seluruh Peradilan di Indonesia
Bupati Kukar Ditahan KPK, Ini yang Dilakukan Mendagri

"Saya ingatkan kembali karena negara kita negara besar. Indonesia punya 714 suku dan keragaman lainnya, Presiden Afghanistan mengingatkan supaya kita berhati-hati dengan apa yang terjadi di negara itu," sambung Jokowi dikutip Antara.

Ia menuturkan bahwa Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengingatkan agar Indonesia tidak berubah menjadi seperti negaranya, yang sudah memiliki 40 suku dan 25 tahun hidup dalam pertikaian dan perang.

"Suku yang bermacam-macam adalah anugerah Allah. Oleh karena itu kita jaga persaudaraan, ukhuwah Islamiah, ukhuwah watoniah dalam scope yang lebih besar," katanya.

Ia menambahkan Desember nanti Presiden Afghanistan akan mengirim 40 utusan yang meliputi ulama dan tokoh masyarakat melihat cara Indonesia membangun persatuan.

"Inilah pentingnya perdamaian dalam scope yang besar dan global," tutupnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Presiden Jokowi Direncanakan Hadir di Pembukaan Piala Presiden Presiden Jokowi Direncanakan Hadir di Pembukaan Piala Presiden
Hari Ini, Kebun Raya Bogor Genap 2 Abad Hari Ini, Kebun Raya Bogor Genap 2 Abad
Presiden Jokowi: Pasar Klewer Tidak Boleh Kalah Dari Mal Presiden Jokowi: Pasar Klewer Tidak Boleh Kalah Dari Mal

#Joko Widodo #presiden joko widodo #Sumenep #Kunjungan Kerja #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar