Warga : KRL Cikarang-Jakarta Hemat Waktu dan Biaya

Dok. Penumpang bersiap menaiki kereta rel listrik di Stasiun Cilebut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Arah -  Warga Bekasi menyambut baik kehadiran kereta api rute Cikarang-Jakarta Kota  karena dapat menghemat biaya dan waktu.

"Luar biasa sangat bagus dan bermanfaat sekali karena kami pengguna kereta api yang berada di daerah Timur terbantu sekali. Ini juga bisa menghemat biaya dan waktu yang biasa kita punya untuk bolak-balik Stasiun Bekasi ke Bekasi Timur yang lumayan menguras," kata salah satu pengguna kereta di Stasiun Bekasi Timur, Niar kepada Antara di Jakarta, Senin.

Beberapa stasiun di daerah Timur baru dibuka secara resmi PT KAI (Persero)pada Sabtu, 7 Oktober 2017 antara lain Stasiun Bekasi Timur, Tambun, Cibitung, dan Cikarang.

Hal ini dianggap masyarakat sebagai suatu fasilitas baru yang memang sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah kepadatan penumpang di stasiun dan kemacetan.

"Adanya Stasiun Bekasi Timur ini kan memudahkan kami warga Timur untuk menggunakan fasilitas yang disediakan pemerintah dengan nyaman dan aman."

"Selain menghemat waktu dan biaya, ini dapat mengurangi kemacetan juga karena banyak ojek online yang menambah padatnya jalan karena mereka menunggu penumpannya. Itu sih yang harus diantisipasi juga oleh stasiun baru ini," kata pengguna kereta api lainnya, Khuriyah.

Di pengoperasian perdana pada Minggu, 8 Oktober 2017, Stasiun Bekasi Timur serupa seperti tempat wisata yang baru dibuka untuk umum.

Seorang keamanan di stasiun, Dedi mengatakan hal itu menjadi bentuk antusias masyarakat dalam menyambut stasiun ini.

Banyak masyarakat yang mulai menggunakan kereta api untuk perjalanannya ada juga yang hanya foto-foto untuk mengabadikannya.

"Antusias masyarakat sangat besar atas kehadiran Stasiun Bekasi Timur ini. Menurut teman saya yang ada di shift pagi, sudah banyak penumpang yang menggunakan kereta api dari sini."

Baca Juga: Soekarno-Hatta di Peringkat 7 Daftar Bandara Terkoneksi di Dunia
Asosiasi Taksi Daring Minta Pemerintah Terbitkan Peraturan



"Siang ini juga masih banyak masyarakat yang menggunakan kereta api dan sekedar foto-foto untuk mengabadikannya, tapi masih bisa dikontrol keadaannya," ujar keamanan Stasiun Bekasi Timur, Dedi.

Seorang karyawati stasiun, Mustika mengatakan jadwal yang berjalan saat ini masih belum pasti karena masih lebih didominasi kereta api lintas provinsi.

"Jadwal yang berlaku sekarang memang belum resmi atau pasti. Ini karena stasiun masih didominasi kereta api yang perjalanannya lintas provinsi atau daerah luar Bekasi," katanya.

Sebelum ada kereta api rute Cikarang-Jakarta Kota, para pengguna kereta api masih harus ke Stasiun Bekasi yang ada di Bekasi Selatan. Hal ini membuang banyak waktu, biaya, dan mengakibatkan kemacetan yang parah membuat banyak pengguna terlambat sampai ke tempat yang dituju.

Bangunan stasiun yang baru beroperasi saat ini bisa dikatakan hampir sempurna. Pembangunannya masih kurang pada benteng atau pembatas antara rumah warga dan kawasan stasiun.

Hal itu harus diperhatikan karena melihat Stasiun Bekasi Timur ini di kelilingi pemukiman warga dan kawasan pertokoan. Keamanan yang masih dikhawatirkan para pengguna kereta api, kata seorang ibu.

Berita Terkait

Hore! KRL Bekasi Akan Layani Penumpang Sampai Cikarang Hore! KRL Bekasi Akan Layani Penumpang Sampai Cikarang
Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen
Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar Sunyi Senyap, Begini Suasana Rumah Patrialis Akbar

#KRL #Gerbong KRL #Cikarang #Jakarta #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar