Ahli Astronomi: Puasa dan Lebaran bisa Bareng, asal .....

Ilustrasi bulan (Freedigitalphotos.net/domdeen)

Arah -  Menunaikan ibadah  secara bersamaan, seperti puasa Ramadan, Idul Fitri, atau wukuf dalam ibadah haji, menjadi dambaan kebanyakan umat Muslim. Namun kenyataannya, kegiatan tersebut berulang kali harus dijalankan pada waktu yang berbeda.

Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Prof. Thomas Djamaludin mengatakan, tidak adanya kriteria tunggal dalam penetuan awal bulan qamariyah menjadi penyebab utama perbedaan penentuan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. "Kriteria harus mengupayakan titik temu pihak-pihak terkait, untuk menjadi kesepakatan bersama," kata Thomas saat menjadi pembicara dalam 'Seminar Menyongsong Penyatuan Kalender Hijriyah' di Kampus Universitas Muhammadiyah Hamka (Uhamka) Jakarta, Kamis (26/5).

Thomas yang merupakan ahli astronomi menambahkan, jika umat Muslim menginginkan adanya persatuan, kriteria harus berlaku universal. "Tidak boleh sepihak. Yang sepihak itu cuma berlaku untuk kelompoknya saja," tambahnya. Kriteria yang dimaksud Thomas adalah metode untuk membuat kalender hijriyah. Muhammadiyah misalnya, menggunakan kriteria wujudul hilal, sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan imkanur rukyat. LAPAN sendiri menggunakan kriteria Hisab-Rukyat.

Dari metode hisab, hilal diketahui sudah wujud pada Ahad (5/6) sehingga Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadan 1437 hijriyah bertepatan dengan Senin 6 Juni 2016. Sementara penentuan awal Ramadan oleh NU dan Kementerian Agama, masih menunggu hasil pemantauan hilal. (Wildan Zulfiansyah)

Berita Terkait

Masih 2 Bulan Lagi, Awal Ramadan Sudah Ditetapkan Muhammadiyah Masih 2 Bulan Lagi, Awal Ramadan Sudah Ditetapkan Muhammadiyah
Fashion Ramadan Ala Jenahara Nasution Fashion Ramadan Ala Jenahara Nasution
Tips Zee Zee Shahab Agar Anak Tertarik Berpuasa Tips Zee Zee Shahab Agar Anak Tertarik Berpuasa

#arahramadan #mudahnyaberbagi #Muhammadiyah #Nahdlatul Ulama (NU) #LAPAN #Hisab #Rukyat #Penentuan awal Ramadan #Penentuan 1 Syawal

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar