Wapres Buka forum Pangan Asia-Pasifik

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Arah -  Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin membuka Forum Pangan Asia-Pasifik atau Eat Asia-Pacific Food Forum, dan merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia untuk membahas isu-isu soal pangan pada 30-31 Oktober 2017.

"Apabila kita berbicara Forum Asia-Pasifik, berarti kita berbicara tentang kepentingan empat miliar orang. Jika semua bisa makan tiga kali sehari, maka kita berbicara tentang 12 miliar piring per hari," kata Kalla, di Jakarta, Senin.

Dalam pidato kunci pada acara tersebut, Wapres Kalla mengatakan bahwa jika berbicara tentang Asia-Pasifik akan mencakup kepentingan empat miliar orang yang memiliki kebutuhan pangan ditiap harinya. Hal tersebut merupakan diskusi jangka panjang.

Kalla mengatakan, memang banyak tantangan khususnya untuk meningkatkan produktivitas pangan, antara lain ada masalah luasan wilayah atau lahan serta besarnya jumlah penduduk, yang menekan sektor pertanian.

"Semua masalah itu bisa diatasi dengan teknologi, yang memungkinkan untuk kita bisa memenuhi kebutuhan pangan itu dengan baik walaupun belum sempurna," ujar Kalla.

Baca Juga: Indonesia akan DijadikanPusat Keuangan Syariah Global
Sri Mulyani Akui Adanya Perubahan Pola Belanja Masyarakat


Dalam Forum Pangan Asia-Pasifik tersebut, akan mempertemukan seluruh pemangku kepentingan bidang kesehatan, lingkungan hidup, dan sistem pangan. 

Forum tersebut bersifat informal dan bukan untuk menghasilkan sebuah komitmen, kesepakatan bersama atau sebuah kebijakan dalam hasil akhirnya. 

Namun, masing-masing negara akan menindaklanjuti hal-hal yang telah dibahas, dengan melakukan aksi nyata dan melaporkan pada forum selanjutnya.

Berita Terkait

JK Ungkap Cara Terbaik Selesaikan Krisis Rohingnya JK Ungkap Cara Terbaik Selesaikan Krisis Rohingnya
Wapres Buka Munas Kedaulatan Bangsa Wapres Buka Munas Kedaulatan Bangsa
Soal Kabar Hakim MK Tertangkap KPK, Ini Komen JK Soal Kabar Hakim MK Tertangkap KPK, Ini Komen JK

#wapres #Wapres Jusuf Kalla #pangan #Asia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar